Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang


Heni Purwaningsih, 2302406023 (2012) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang] Microsoft Word (Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang) - Published Version
Download (28kB)

Abstract

Dalam memilih suatu prodi di perguruan tinggi ada faktor-faktor yang harus dipertimbangkan oleh calon mahasiswa, di antaranya adalah faktor bakat, minat, latar belakang pendidikan, orang tua, teman sebaya, aspirasi, kesempatan, ekonomi dan peluang kerja. Hal ini perlu dibuktikan melalui penelitian agar dapat diperoleh jawaban yang akurat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam memilih Prodi Pendidikan Bahasa Jepang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang mulsi dari angkatan 2008 - 2011 yang berjumlah 278 mahasiswa. Selanjutnya dilakukan pengambilan sampel berjumlah 56 mahasiswa dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan datanya digunakan angket dan dokumentasi untuk memperoleh daftar nama mahasiswa serta jumlah mahasiswa yang akan dijadikan respponden. Penelitian ini menggunakan validitas konstruk, sedangkan untuk menghitung reliabilitas menggunakan rumus alpha. Dari hasil penghitungan diketahui bahwa terdapat 9 faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam memilih Prodi Pendidikan Bahasa Jepang yaitu (1) Faktor Peluang Kerja dengan persentase sebesar 63,5%, (2) Faktor Ekonomi sebesar 61,6%, (3) Faktor Latar Belakang Pendidikan sebesar 60,7%, (4) Faktor Aspirasi sebesar 57,1%, (5) Faktor Minat sebesar 55,0%, (6) Faktor Bakat sebesar 53,0%, (7) Faktor Kesempatan sebesar 46,9%, (8) Faktor Orangtua sebesar 39,3% dan (9) Faktor Teman Sebaya sebesar 37,8%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemilihan, Prodi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 13 Aug 2012 03:03
Last Modified: 13 Aug 2012 03:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13836

Actions (login required)

View Item View Item