Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Bacaan Berhuruf Jawa dengan Teknik Carutem melalui Media Kartu Bergambar pada Siswa Kelas VIII C SMP N 3 Brebes


Nur Amalia F, 2102408006 (2012) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Bacaan Berhuruf Jawa dengan Teknik Carutem melalui Media Kartu Bergambar pada Siswa Kelas VIII C SMP N 3 Brebes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Bacaan Berhuruf Jawa dengan Teknik Carutem melalui Media Kartu Bergambar pada Siswa Kelas VIII C SMP N 3 Brebes] Microsoft Word (Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Bacaan Berhuruf Jawa dengan Teknik Carutem melalui Media Kartu Bergambar pada Siswa Kelas VIII C SMP N 3 Brebes) - Published Version
Download (37kB)

Abstract

Kemampuan membaca pemahaman bacaan berhuruf Jawa siswa kelas VIII CSMP N 3 Brebes tergolong masih rendah.Nilai rata-rata siswa masih di bawah KKM dan siswa belum mampu membaca bacaan berhuruf Jawa dengan baik.Kurangnya kemampuan membaca pemahaman bacaan berhuruf Jawasiswa pada dasarnya disebabkan oleh kurangnya pengetahuan siswa tentang huruf Jawa dan guru tidak menggunakan media pembelajaran yang tepat dan menarik, sehingga siswa merasa bosan, pasif dan tegang karena merasa kesulitan dalam membaca huruf Jawa. Masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana peningkatan kemampuan membaca pemahaman bacaan berhuruf Jawa pada siswa kelas VIII C SMP N 3 Brebes setelah mengikuti pembelajaran dengan teknik carutem melalui media kartu bergambar, (2) Bagaimana perubahan perilaku siswa kelas VIII C SMP N 3 Brebes setelah mengikuti pembelajaran dengan teknik carutem melalui media kartu bergambar. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsiskan peningkatan kemampuan membaca pemahaman bacaan berhuruf Jawa pada siswa kelas VIII C SMP N 3 Brebes setelah mengikuti pembelajaran dengan teknik carutem melalui media kartu bergambar dan (2) Mendeskripsikan perubahan perilaku siswakelas VIII C SMP N 3 Brebes setelah mengikuti pembelajaran dengan teknik carutem melalui media kartu bergambar. Subjek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan membaca pemahaman bacaan berhuruf Jawa menggunakan teknik carutem melalui media kartu bergambar pada siswa kelas VIII C SMP N 3 Brebes. Variabel penelitian ini berupa variabel input dan output yakni kemampuan membaca pemahaman bacaan berhuruf Jawa dan variabel proses yakni penggunaan teknik carutemdan media kartu bergambar dalam pembelajaran membaca pemahaman bacaan berhuruf Jawa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua tahap yaitu siklus I dan siklus II.Pengumpulan data menggunakan tes dan nontes.Teknik pengumpulan data dengan tes yaitu berupa tes membacapemahaman bacaan berhuruf Jawa dan teknik nontes yaitu berupa observasi, jurnal, dan wawancara.Teknik analisis data berupa teknik deskriptif prosentase dan teknik deskriptif kualitatif. Teknik deskriptif prosentase digunakan untuk menganalisis data tes membaca pemahaman bacaan berhuruf Jawa yang menggunakan teknik carutem melalui media kartu bergambar, sedangkan teknik deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis data kualitatif yang berupa observasi, jurnal, dan wawancara. Data penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Dari data tes diketahui terjadi peningkatan, yaitu nilai rata-rata 60,85 pada prasiklus menjadi 71,03 pada siklus I atau mengalami peningkatan sebesar 16,73%.Sementara itu pada sikus II nilai rata-rata kelas menjadi 78,75 atau mengalami peningkatan sebesar 10,87% dari siklus I ke siklus II. Jadi peningkatan dari prasiklus ke siklus II sebesar 29,42%. Hasil analisis data nontes menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa kelas VIII C SMP N 3 Brebes.Perilaku negatif siswa berubah menjadi perilaku positif. Pada pembelajaran membaca pemahaman bacaan berhuruf Jawa menggunakan teknik carutem dan media kartu bergambar siswalebih aktif dan dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Saran yang dapat diberikan adalah guru hendaknya lebih kreatif dalam melaksanakan pembelajaran supaya proses pembelajaran bisa berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil yang maksimalyaitu keberhasilan pembelajaran. Salah satu alternatif pembelajaran dalam membaca pemahaman bacaan berhuruf Jawa yaitu dengan menggunakan teknik carutem melalui media kartu bergambar. Teknik carutem dan media kartu bergambar tersebut dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman bacaan berhuruf Jawa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: membaca pemahaman, bacaan berhuruf Jawa, teknik carutem, media kartu bergambar
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
N Fine Arts > NE Print media
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 13 Aug 2012 02:01
Last Modified: 13 Aug 2012 02:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13830

Actions (login required)

View Item View Item