Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Keindahan Alam Menggunakan Teknik Deskripsi Objek Pemandangan Alam dengan Media Gambar Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 2 Wedung Kabupaten Demak


Rina Ariyani, 2101408029 (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Keindahan Alam Menggunakan Teknik Deskripsi Objek Pemandangan Alam dengan Media Gambar Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 2 Wedung Kabupaten Demak. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Keindahan Alam  Menggunakan Teknik Deskripsi Objek Pemandangan Alam dengan Media Gambar Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 2 Wedung Kabupaten Demak] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Keindahan Alam Menggunakan Teknik Deskripsi Objek Pemandangan Alam dengan Media Gambar Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 2 Wedung Kabupaten Demak) - Published Version
Download (35kB)

Abstract

Keterampilan menulis puisi merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh siswa SMP. Keterampilan menulis puisi siswa SMP Negeri 2 Wedung kelas VIIB belum dikatakan baik secara keseluruhan. Hal ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang masih konvensional sehingga terkesan menjenuhkan, kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik bagi siswa, dan kurangnya motivasi siswa dalam menulis puisi karena adanya anggapan siswa mengenai pembelajaran menulis puisi yang sulit. Oleh karena itu, untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi terutama puisi keindahan alam siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Wedung dapat menggunakan teknik deskripsi objek pemandangan alam dan media gambar. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana proses pembelajaran menulis puisi keindahan alam menggunakan teknik deskripsi objek pemandangan alam dengan media gambar di kelas VIIB SMP Negeri 2 Wedung Kabupaten Demak; (2) bagaimana peningkatan keterampilan menulis puisi keindahan alam siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Wedung Kabupaten Demak menggunakan teknik deskripsi objek pemandangan alam dengan media gambar; (3) bagaimana perubahan perilaku siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Wedung Kabupaten Demak setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi keindahan alam menggunakan teknik deskripsi objek pemandangan alam dengan media gambar. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsi proses pembelajaran menulis puisi keindahan alam menggunakan teknik deskripsi objek pemandangan alam dengan media gambar di kelas VIIB SMP Negeri 2 Wedung Kabupaten Demak; (2) mendeskripsi peningkatan keterampilan menulis puisi keindahan alam siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Wedung Kabupaten Demak menggunakan teknik deskripsi objek pemandangan alam dengan media gambar; (3) mendeskripsi perubahan perilaku siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Wedung Kabupaten Demak setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi keindahan alam menggunakan teknik deskripsi objek pemandangan alam dengan media gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua tahap yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis puisi keindahan alam siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Wedung Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu keterampilan menulis puisi keindahan alam dan penggunaan teknik deskripsi objek pemandangan alam dengan media gambar. Teknik dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil tes keterampilan menulis puisi siswa. Hasil nontes berupa hasil observasi, jurnal, wawancara, da dokumentasi foto. Teknik pengambilan data pada siklus I dan siklus II menggunakan teknik kuantitatif untuk hasil tes menulis puisi dan hasil nontes menggunakan teknik kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis puisi keindahan alam menggunakan teknik deskripsi objek pemandangan alam dengan media gambar siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Wedung Kabupaten Demak. Nilai rata-rata kelas pada siklus I mencapai 65,74 atau dalam kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 80,28 atau dalam kategori baik. Pada siklus I dan siklus II meningkat 14,54 atau sebesar 22,12%. Peningkatan keterampilan menulis puisi keindahan alam ini juga diikuti dengan perubahan perilaku siswa dari perilaku negatif ke perilaku positif. Pada siklus II kondisi kelas sudah dapat dikendalikan dan lebih kondusif, siswa yang kurang termotivasi lebih bersemangat dalam pembelajaran menulis puisi pada siklus II dan tampak serius, percaya diri, serta antusias mengikuti pembelajaran menulis puisi keindahan alam. Berdasarkan hasil penelitian, simpulan yang dapat diambil adalah keterampilan menulis puisi siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Wedung Kabupaten Demak mengalami peningkatan dan perubahan perilaku yang positif setelah mengikuti proses pembelajaran menggunakan teknik deskripsi objek pemandangan alam dengan media gambar. Berdasarkan hasil tersebut peneliti menyampaikan hasil kepada guru terutama guru yang mengampu mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SMP Negeri 2 Wedung untuk menggunakan teknik deskripsi objek pemandangan alam dengan media gambar sebagai alternatif media pembelajaran menulis puisi keindahan alam. Bagi peneliti, disarankan agar melakukan penelitian lebih lanjut mengenai keterampilan menulis puisi dengan media dan model pembelajaran yang berbeda dan lebih menarik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis puisi, puisi keindahan alam, teknik deskripsi objek pemandangan alam, media gambar
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 Aug 2012 02:59
Last Modified: 10 Aug 2012 02:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13793

Actions (login required)

View Item View Item