Pengembangan Buku Pengayaan Menyunting Surat Dinas Menggunakan Pendekatan Kontekstual Bagi Siswa SMP


Wiwin Dwi Narsih, 2101407180 (2012) Pengembangan Buku Pengayaan Menyunting Surat Dinas Menggunakan Pendekatan Kontekstual Bagi Siswa SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Buku Pengayaan Menyunting Surat Dinas Menggunakan Pendekatan Kontekstual Bagi Siswa SMP] Microsoft Word (Pengembangan Buku Pengayaan Menyunting Surat Dinas Menggunakan Pendekatan Kontekstual Bagi Siswa SMP) - Published Version
Download (36kB)

Abstract

Masalah yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimanakah kondisi buku pendamping belajar siswa, (2) bagaimanakah kebutuhan siswa dan guru terhadap buku pengayaan menyunting surat dinas menggunakan pendekatan kontekstual, (3) bagaimanakah prinsip-prinsip pengembangan buku pengayaan menyunting surat dinas menggunakan pendekatan kontekstual, (4) bagaimanakah prototipe buku pengayaan menyunting surat dinas menggunakan pendekatan kontekstual, (5) bagaimanakah penilaian dan saran perbaikan terhadap prototipe buku pengayaan menyunting surat dinas menggunakan pendekatan kontekstual, dan (6) bagaimanakah tanggapan siswa terhadap buku pengayaan menyunting surat dinas menggunakan pendekatan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kondisi buku pendamping belajar, (2) mengetahui kebutuhan siswa dan guru terhadap buku pengayaan menyunting surat dinas menggunakan pendekatan kontekstual, (3) mengetahui prinsip-prinsip pengembangan buku pengayaan menyunting surat dinas menggunakan pendekatan kontekstual, (4) mengetahui prototipe buku pengayaan menyunting surat dinas menggunakan pendekatan kontekstual, (5) mengetahui penilaian dan saran perbaikan buku pengayaan menyunting surat dinas menggunakan pendekatan kontekstual, dan (6) mengetahui tanggapan siswa terhadap buku pengayaan menyunting surat dinas menggunakan pendekatan kontekstual. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D) yang meliputi tujuh tahapan, yaitu (1) survei pendahuluan, (2) awal pengembangan prototipe buku pengayaan, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) revisi dan perbaikan produk, (6) uji coba terbatas, dan (7) deskripsi hasil penelitian. Hasil kondisi buku pendamping belajar siswa dan guru didapatkan beberapa komponen buku yang perlu disempurnakan, yakni kelengkapan teori dan instruksi tugas produk. Penggunaan bahasa dan struktur kalimat belum sesuai dengan tingkat keterbacaan siswa SMP. Siswa mengharapkan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti, komunikatif serta tidak berbelit-belit. Hasil kebutuhan terhadap buku pengayaan, yaitu (1) kebutuhan materi menyunting surat dinas mencakup materi teoretis dan contoh, (2) kebutuhan struktur penyajian mencakup simpulan, rangkuman, latihan, (3) kebutuhan bahasa dan keterbacaan mencakup penjelasan materi dari berbagai sumber, pemakaian kalimat bervariasi, dan (4) kebutuhan aspek grafika mencakup judul buku Menyunting Surat Dinas, buku berukuran sedang dengan tebal antara 80 s.d 100 halaman, huruf times new roman ukuran 12. Prinsip-prinsip pengembangan buku pengayaan menyunting surat dinas, yaitu prinsip-prinsip pengembangan buku pengayaan menyunting surat dinas menggunakan pendekatan kontekstual dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa dimensi, yaitu (1) isi atau materi buku, (2) penyajian buku, (3) bahasa dan keterbacaan, (4) dimensi grafika, dan (5) dimensi kontekstual. Prototipe pengembangan buku pengayaan menyunting surat dinas, yaitu (1) materi buku meliputi pengertian surat dinas, jenis-jenis surat dinas, pengertian menyunting, tanda-tanda penyuntingan, dan cara menyunting surat dinas, (2) dimensi penyajian materi buku terdiri atas penyajian umum buku berupa pendahuluan, isi, penutup dan penyajian tiap bab berupa judul, uraian materi dan contoh, rangkuman, dan latihan, (3) bahasa singkat dan padat dengan ragam yang formal namun santai, (4) buku ukuran sedang, tebal 80-100 halaman, huruf times new roman ukuran 12, dan sampul bergambar dan berwarna cerah, buku berjudul belajar menyunting surat dinas untuk siswa SMP, dan (5) dimensi kontekstual yang terlihat pada struktur penyajian buku, pertanyaan terbuka, tugas kolaboratif, pemodelan, refleksi pada tiap bab, dan tugas. Penilaian yang didapatkan dari guru dan ahli, yaitu (1) dimensi materi 80,4, (2) dimensi penyajian materi buku 79,6, (3) dimensi bahasa dan keterbacaan 80,2, (4) dimensi grafika 81,6, dan (5) dimensi muatan kontekstual 76,4. Perbaikan-perbaikan yang dilakukan yaitu, (1) perubahan warna, gambar, dan jenis tulisan pada sampul buku; (2) penambahan latihan dan contoh, dan (3) perbaikan struktur dan penulisan kalimat. Tanggapan siswa terhadap buku pengayaan menyunting surat dinas menggunakan pendekatan kontekstual, meliputi (1) cover buku menarik minat siswa untuk membaca, (2) ukuran buku sudah sesuai dengan siswa SMP, (3) siswa setuju dengan jenis dan ukuran huruf yang digunakan, (4) bahasa yang digunakan mudah dipahami oleh siswa, dan (5) materi yang disajikan urut/sistematis, dan (6) buku tersebut dapat menarik minat siswa dalam belajar menyunting surat dinas. Simpulan penelitian ini adalah siswa dan guru membutuhkan buku pengayaan menyunting surat dinas menggunakan pendekatan kontekstual dan prinsip pengembangan buku pengayaan yang dibuat peneliti sudah sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru, meskipun masih harus ada beberapa perbaikan. Saran yang direkomendasikan, yaitu (1) bagi siswa, hendaknya menggunakan buku pengayaan menyunting surat dinas sebagai buku penunjang belajar, (2) bagi guru, hendaknya menggunakan buku pengayaan menyunting surat dinas untuk kegiatan pengayaan, (3) bagi para pemerhati pendidikan, hendaknya memberi perhatian yang lebih besar pada keberadaan buku-buku pengayaan, dan (4) bagi peneliti lain, perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk menguji efektivitas buku pengayaan menyunting surat dinas menggunakan pendekatan kontekstual.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku pengayaan, menyunting, surat dinas, pendekatan kontekstual
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 Aug 2012 02:53
Last Modified: 10 Aug 2012 02:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13790

Actions (login required)

View Item View Item