Peningkatan Keterampilan Menulis Pengalaman Pribadi melalui Metode Kuantum pada Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 3 Purwokerto Kabupaten Banyumas


Suryani Wulandari, 2101406645 (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Pengalaman Pribadi melalui Metode Kuantum pada Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 3 Purwokerto Kabupaten Banyumas. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Pengalaman Pribadi melalui Metode Kuantum pada Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 3 Purwokerto Kabupaten Banyumas] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menulis Pengalaman Pribadi melalui Metode Kuantum pada Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 3 Purwokerto Kabupaten Banyumas) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Salah satu permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran menulis pengalaman pribadi pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 3 Purwokerto adalah kesulitan untuk memunculkan ide dan mengorganisasikannya. Untuk mengatasi masalah tersebut, dapat dilakukan dengan menggunakan metode kuantum yang dilaksanakan pada siswa kelas VII-A SMP Negeri 3 Purwokerto yang dianggap keterampilan menulisnya paling rendah diantara kelas yang lain. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: 1)Bagaimanakah langkah-langkah peningkatan keterampilan menulis pengalaman pribadi melalui metode kuantum, 2) Bagaimana pengaruh metode kuantum terhadap aktifitas belajar menulis siswa, 3) Bagaimanakah perubahan tingkah laku siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis pengalaman pribadi melalui metode kuantum. Adapun tujuan penelitian adalah: 1) Mendeskripsi langkah-langkah peningkatan keterampilan menulis, 2) Mendeskripsi pengaruh metode kuantum terhadap aktifitas, dan 3) Mendeskripsi perubahan perilaku siswa setelah mengikuti pembelajaran melalui metode kuantum. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pelaksanaan dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dengan tahap-tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis pengalaman pribadi siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Purwokerto. Pengambilan data diambil melalui tes dan nontes. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes awal dan tes akhir menulis pengalaman pribadi yang berbentuk esai yaitu siswa menulis pengalaman pribadi. Alat ukur yang digunakan dalam teknik nontes berupa jurnal, observasi, wawancara, dan dokumentasi (foto). Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif yang dilakukan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil tes secara tertulis dan secara kualitatif yang dilakukan untuk menganalisis data nontes yang diperoleh siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian ini adalah sebelum dilakukan pembelajaran dengan metode kuantum hanya 59,1 dengan kategori kurang dan mengalami peningkatan menjadi 70,4 dengan kategori cukup pada siklus I kemudian meningkat menjadi 78,6 pada siklus II dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa metode kuantum dapat meningkatkan keterampilan menulis pengalaman pribadi siswa kelas VII-A SMP Negeri 3 Purwokerto. Hasil penelitian ini disarankan kepada guru untuk menerapkan metode kuantum dalam pembelajaran menulis pengalaman pribadi siswa dengan memberikan contoh-contoh riil melalui media yang mudah dipahami dan merangsang imajinasi siswa untuk menulis pengalaman pribadinya. Hal ini dibuktikan dari penelitian yang dilakukan. Ketika proses pembelajaran dengan metode kuantum, guru perlu memberikan kesempatan kepada siswa untuk menulis pengalaman pribadinya dan mempresentasikan di dalam kelompok agar mendapat respon tentang hasil tulisannya sehingga mampu menghasilkan tulisan yang baik dan benar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis pengalaman pribadi, metode kuantum
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 Aug 2012 02:48
Last Modified: 10 Aug 2012 02:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13789

Actions (login required)

View Item View Item