Prosesi Pernikahan Secara Shinto di Jepang


Oktari Istiana, 2352307004 (2012) Prosesi Pernikahan Secara Shinto di Jepang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Prosesi Pernikahan Secara Shinto di Jepang] Microsoft Word (Prosesi Pernikahan Secara Shinto di Jepang) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Dalam prosesi pernikahan secara Shinto, terdapat nilai-nilai budaya yang tinggi yang nantinya bermanfaat untuk kelangsungan hidup pasangan pengantin yang melaksanakan pernikahan tradisional secara Shinto, maka penulis tertarik untuk menulis tugas akhir ini dengan judul Prosesi pernikahan secara Shinto di Jepang. Tujuan dalam penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui bagaimana prosesi pernikahan secara Shinto, simbol dan makna yang terdapat dalam pernikahan secara Shinto di Jepang. Dalam penulisan Tugas Akhir ini, penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu, penulis menjelaskan secara singkat tentang prosesi pernikahan secara Shinto di Jepang, simbol dan makna yang terdapat dalam prosesi pernikahan secara Shinto di Jepang. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis yaitu teknik kepustakaan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa prosesi pernikahan secara Shinto memiliki beberapa prosesi yang harus dilakukan antara lain memilih calon pasangan, pertunangan, dan prosesi pernikahan yang dilakukan secara Shinto. Simbol dan makna yang terdapat dalam prosesi pernikahan secara Shinto antara lain: pakaian pengantin berwarna putih yang bermakna kesucian sang pengantin wanita dan keteguhan niatnya untuk masuk ke dalam keluarga calon suaminya nanti, kulit pengantin wanita akan dicat hingga berwarna sangat putih mulai dari wajah hingga ujung kaki yang bermakna kesucian di depan para dewa, upacara meminum sake sebanyak tiga kali (San san ku do) bermakna untuk memperkuat janji pernikahan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prosesi pernikahan secara Shinto di Jepang
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Bahasa Jepang (D3)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 Aug 2012 02:13
Last Modified: 10 Aug 2012 02:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13781

Actions (login required)

View Item View Item