Pengaruh Pelayanan, Kualitas Produk, Kualitas Jaringan, dan Harga yang Kompetitif Terhadap Kepuasan Pelanggan Di PT. Telekomunikasi Kantor Cabang Purwodadi Jawa Tengah.


Tri Pujiastutik, 4151303545 (2006) Pengaruh Pelayanan, Kualitas Produk, Kualitas Jaringan, dan Harga yang Kompetitif Terhadap Kepuasan Pelanggan Di PT. Telekomunikasi Kantor Cabang Purwodadi Jawa Tengah. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Pelayanan, Kualitas Produk, Kualitas Jaringan, dan Harga yang Kompetitif Terhadap Kepuasan Pelanggan Di PT. Telekomunikasi Kantor Cabang Purwodadi Jawa Tengah.]
Preview
PDF (Pengaruh Pelayanan, Kualitas Produk, Kualitas Jaringan, dan Harga yang Kompetitif Terhadap Kepuasan Pelanggan Di PT. Telekomunikasi Kantor Cabang Purwodadi Jawa Tengah.) - Published Version
Download (281kB) | Preview

Abstract

PT. Telekomunikasi Indonesia yang dikenal dengan Telkom merupakan suatu Badan Usaha Milik Negara yang dikelola oleh perusahaan swasta yang menyelenggarakan jasa informasi dan telekomunikasi. PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk (PT. Telkom) menjual produk untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dalam kebutuhan komunikasi suara dan data yang mempunyai kualitas yang unggul dengan waktu yang cepat dan harga yang kompetitif. Produk yang terdapat di PT. Telkom diantaranya telepon kabel, telepon flexi, internet, facsimile, dan sebagainya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kemudahan pelayanan, kualitas produk, kualitas jaringan dengan harga yang kompetitif terhadap kepuasan pelanggan? Jika ada, seberapa besar pengaruhnya terhadap kepuasan pelanggan? Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan telepon kabel maupun telepon flexi. Sampel yang diambil yaitu sebagian dari pelanggan telepon baik telepon kabel maupun telepon flexi. Adapun cara pengambilan data yaitu dengan membagikan angket kepada pelanggan telepon saat membayar tagihan rekening telepon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada dua faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan yaitu kualitas jaringan dan harga. Adapun model regresi berganda yang diperoleh yaitu 1 2 3 4 Yˆ = 3,360 − 0,065X + 0,111X + 0,318X + 0,370X . Besarnya koefisien determinasi (R2) / pengaruh dari faktor kualitas jaringan yaitu 8,6 %, sedangkan faktor harga sebesar 16 %. Besarnya pengaruh keempat faktor secara bersama-sama yaitu kemudahan pelayanan (X1), kualitas produk (X2), kualitas jaringan (X3), dan harga yang kompetitif (X4) adalah 20,7 % dan sisanya yaitu 79,3 % dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Persentase tertinggi faktor kualitas jaringan Suatu perusahaan yang baik harus mempunyai tujuan, visi, misi yang jelas dan mampu mewujudkannya serta harus dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja perusahaan. Pelanggan harus berani menyampaikan kritik, saran, dan keluhan atas ketidakpuasan yang diberikan pihak PT. Telkom.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 13 Apr 2011 02:25
Last Modified: 25 Apr 2015 04:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1372

Actions (login required)

View Item View Item