Siswa Terhadap Kompetensi Sosial Guru (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Cilacap)
Rustiyaningsih, 3501405522 (2011) Siswa Terhadap Kompetensi Sosial Guru (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Cilacap). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Siswa Terhadap Kompetensi Sosial Guru (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Cilacap))
- Published Version
Download (36kB) |
Abstract
Kompetensi sosial merupakan suatu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang guru sebagai bagian dari masyarakat untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan siswa, sesama pendidik, dan masyarakat sekitar agar pembelajaran di kelas dapat berjalan denga kondusif serta optimal. Siswa merupakan sosok yang paling dekat dan sering berinteraksi dengan guru, intensitas komunikasi akan lebih sering dibanding dengan warga sekolah yang lain sehingga persepsi yang akan di dapat diharapkan sesuai dengan apa yang ada dilapangan. Maka dari itu peneliti tertarik mengambil judul “Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Sosial Guru (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Cilacap)”. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi siswa terhadap kompetensi sosial guru dalam pembelajaran di kelas berdasarkan studi kasus di SMK Negeri 1 Cilacap, yang dapat dirinci kedalam indikator sebagai berikut: (1) Bagaimana persepsi siswa terhadap sikap simpatik guru kepada siswa, (2) Bagaimana persepsi siswa terhadap sikap hospitality guru kepada warga sekolah, (3) Bagaimana persepsi siswa terhadap efektivitas pergaulan guru dengan warga sekolah, (4) Bagaimana persepsi siswa terhadap guru dalam menerapakan semangat kebersamaan kepada warga sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahuai persepsi siswa terhadap sikap simpaik guru kepada siswa, (2) untuk mengetahui persepsi siswa terhadap sikap hospitality guru kepada warga sekolah, (3) untuk mengetahui persepsi siswa terhadap efektivitas pergaulan guru dengan warga sekolah, (4) untuk mengetahui persepsi siswa terhadap guru dalam menerapakan semangat kebersamaan kepada warga sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang difokuskan pada bagaimana persepsi siswa terhadap kompetensi sosial guru (studi kasus di SMK Negeri 1 Cilacap), yang telah dirinci pada indikator-indikator permasalahan diatas. Data penelitian diperoleh melalui metode observasi langsung dan wawancara dengan siswa SMK Negeri 1 Cilacap. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Metode analisis data menggunakan teknik analisis persepsi sosial atau social peception. Hasil penelitian, setelah peneliti melakukan observasi langsung dan wawancara dengan siswa, maka diperoleh data bahwa guru di SMK N 1 Cilacap sudah sesuai dengan kriteria kompetensi sosial. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil wawancara dengan siswa tentang indikator-indikator permasalahan yang telah dijabarkan. Guru memiliki kemampuan untuk bersikap simpatik, terampil berkomnikasi dengan siswa dan orang tua siswa, bergaul secara efektif dengan siswa, sesama rekan guru, pimpinan satuan pendidikan, dan orang tua atau wali siswa. Serta menerapkan prinsip-prinsip persaudaraan sejati dan semangat kebersamaan. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa menurut persepsi siswa kompetensi sosial guru sebagian besar sudah sesuai dengan konsep kompetensi sosial, dimana guru mampu bersikap simpatik terhadap siswa, mampu bersikap hospitality yaitu sikap guru dalam beramah-tamah, memiliki kepedulian terhadap kesulitan siswa dan warga sekolah serta menanggapi pertanyaan-pertanyaan siswa dengan ramah. Mampu bergaul secara efektif dengan warga sekolah, mampu menerapkan semangat kebersamaan kepada warga sekolah. Saran yang dapat penulis kemukakan adalah hendaknya para guru di SMK Negeri 1 Cilacap mempertahanka apa yang sudah dicapai, teutama pada kompetensi sosial yang dimiliki. Namun menurut siswa ada sebagian kecil guru yang senior (tua) kurang menunjukan kompetensi sosial. Diharapkan faktor usia tidak menjadi halangan bagi guru senior atau yang usianya tidak muda lagi untuk benar-benar menerapkan kompetensi sosial yang dimilikinya agar tercipta hubungan antara guru dengan siswa kurang berkembang.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Siswa, Kompetensi Sosial, Guru |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology H Social Sciences > HM Sociology L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 23 Jul 2012 22:23 |
Last Modified: | 23 Jul 2012 22:23 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13700 |
Actions (login required)
View Item |