Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Strategi Pembelajaran Kreatif-Produktif pada Siswa Kelas V B SDN Tambakaji 01 Kota Semarang
Sri Wahyuni, 1402408282 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Strategi Pembelajaran Kreatif-Produktif pada Siswa Kelas V B SDN Tambakaji 01 Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Strategi Pembelajaran Kreatif-Produktif pada Siswa Kelas V B SDN Tambakaji 01 Kota Semarang)
- Published Version
Download (31kB) |
Abstract
IPS merupakan salah satu mata pelajaran di SD yang merupakan gabungan dari berbagai ilmu-ilmu sosial yang mengkaji tentang manusia dan lingkungannya. Masalah dalam penelitian ini adalah terjadinya pembelajaran IPS yang belum optimal di kelas V B SDN Tambakaji 01 Kota Semarang dikarenakan kurangnya variasi pemanfaatan media dan metode pembelajaran dari guru sehingga berakibat pada rendahnya aktivitas siswa. Berdasarkan hasil studi dokumentasi arsip nilai semester satu (2011/2012), hanya 16 dari 36 siswa yang mencapai KKM (sebanyak 44,44 % siswa mengalami ketuntasan). Oleh karena itu perlu adanya perbaikan kualitas pembelajaran IPS yaitu melalui penerapan strategi pembelajaran kreatif-produktif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui strategi pembelajaran kreatif-produktif dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas V B SDN Tambakaji 01 Kota Semarang?”. Tujuan penelitian ini adalah melalui strategi pembelajaran kreatif-produktif dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas V B SDN Tambakaji 01 Kota Semarang. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dengan tiga siklus, setiap siklus terdiri atas satu pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan 36 siswa kelas V B SDN Tambakaji 01 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes berupa observasi, dokumentasi, dan produk. Teknik analisis data terdiri atas data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru pada siklus 1 memperoleh skor 36 kriteria baik, siklus 2 memperoleh skor 39 kriteria sangat baik dan siklus 3 memperoleh skor 43 kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus 1 memperoleh skor 18,7 kriteria baik, siklus 2 memperoleh skor 22,1 kriteria baik dan pada siklus 3 memperoleh skor 25,15 kriteria sangat baik. Presentase ketuntasan klasikal hasil belajar pada siklus 1 memperoleh presentase 66,67%, siklus 2 memperoleh presentase 72,22 % dan siklus 3 memperoleh presentase 88, 89%. Simpulan dari penelitian ini adalah strategi pembelajaran kreatif-produktif dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas V B SDN Tambakaji 01 Kota Semarang. Guru harus lebih inovatif dan kreatif untuk menerapkan multimetode dan multimedia dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi pembelajaran kreatif-produktif, kualitas pembelajaran IPS |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 20 Jul 2012 00:52 |
Last Modified: | 20 Jul 2012 00:52 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13645 |
Actions (login required)
View Item |