Implementasi Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas V SDN Tugurejo 01 Semarang
Novi Mayasari, 1402408037 (2012) Implementasi Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas V SDN Tugurejo 01 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Implementasi Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas V SDN Tugurejo 01 Semarang)
- Published Version
Download (32kB) |
Abstract
Tujuan ilmu pengetahuan sosial adalah mengembangkan potensi siswa agar peka terhadap masalah sosial yang terjadi di masyarakat. Berdasarkan data awal yang diperoleh dari observasi di kelas V SDN Tugurejo 01 Semarang ditemukan permasalahan dalam pembelajaran. Permasalahan tersebut adalah model pembelajaran yang digunakan guru belum dapat mengakomodir kebutuhan siswa dalam belajar. Pembelajaran masih berpusat pada guru, motivasi belajar siswa masih kurang, suasana pembelajaran belum berjalan nyaman dan menyenangkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah pembelajaran IPS melalui model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan keterampilan guru , aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas V SDN Tugurejo 01 Semarang ?. Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui model pembelajaran Quantum Teaching. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus dan setiap siklusnya terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Tugurejo 01 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik nontes. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I persentase keterampilan guru 75% berkriteria baik, siklus II 86,11% berkriteria sangat baik, dan siklus III 97,22% berkriteria sangat baik. Persentase aktivitas siswa pada siklus I 62,5% berkriteria cukup, siklus II 79,17% berkriteria baik, dan siklus III 91,67% berkriteria sangat baik. Ketuntasan klaksikal hasil belajar siswa pada siklus I 68,42%, siklus II 78,95%, dan siklus III 94,74%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di kelas V SDN Tugurejo 01 Semarang yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar. Saran bagi guru dalam proses pembelajaran sebaiknya menggunakan model pembelajaran yang inovatif dan variatif untuk menciptakan sebuah pembelajaran yang bermakna dan menyenanggkan bagi siswa
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pembelajaran IPS, Model Pembelajaran Quantum Teaching |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 20 Jul 2012 00:42 |
Last Modified: | 20 Jul 2012 00:42 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13639 |
Actions (login required)
View Item |