Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Strategi The Power of Two pada Siswa Kelas III SD N Ngijo 01 Kecamatan Gunungpati Kota Semarang
Erma Widyaningsih, 1402407080 (2011) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Strategi The Power of Two pada Siswa Kelas III SD N Ngijo 01 Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Strategi The Power of Two pada Siswa Kelas III SD N Ngijo 01 Kecamatan Gunungpati Kota Semarang)
- Published Version
Download (33kB) |
Abstract
Dari hasil observasi awal menunjukkan pembelajaran IPS pada kelas III SD N Ngijo 01 Kecamatan Gunungpati Kota Semarang masih belum optimal. Guru masih monoton dengan strategi yang masih konvensional, selain itu fasilitas yang masih kurang memadai, sehingga siswa pasif, kurang antusias, dan ramai dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa. Sebagian besar, 15 siswa dari 24 siswa memperoleh hasil belajar di bawah KKM yang telah ditetapkan yaitu 62. Data hasil belajar ditunjukkan dengan nilai terendah 30 dan nilai tertinggi 80, dengan rerata kelas adalah 55. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui strategi the power of two dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS yang meliputi aspek keterampilan guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa?. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang meliputi aspek keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui strategi the power of two. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dimaksudkan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas. Ada 4 tahapan dalam penelitian tindakan kelas, yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 24 siswa terdiri 14 laki-laki dan 10 perempuan dan guru kelas III yang berperan sebagai pelaksana tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui strategi the power of two keterampilan guru dalam pembelajaran IPS meningkat secara bertahap pada siklus I rerata persentase 67% dengan kategori baik, siklus II rerata meningkat menjadi 78% dengan kategori baik sedangkan pada siklus III rerata mencapai 86% dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa dalam Pembelajaran IPS dengan strategi the power of two dapat meningkat. Pada siklus I aktivitas siswa memperoleh rerata 65% dalam kategori baik, siklus II aktivitas siswa meningkat 11%, sehingga diperoleh 76% dalam kategori baik, kemudian pada siklus III aktivitas siswa memperoleh peningkatan mencapai 10%, sehingga diperoleh 86% dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siswa menggunakan strategi the power of two mengalami peningkatan. Dari siklus I, nilai rerata kelas mencapai 65 dalam kategori baik dengan ketuntasan klasikal 62%, siklus II rerata kelas meningkat 7 sehingga menjadi 72 dengan ketuntasan klasikal 75%. Kemudian siklus III, rerata meningkat 8 sehingga menjadi 80 dan ketuntasan klasikal menjadi 88%. Simpulan hasil penelitian yakni melalui strategi the power of two kualitas pembelajaran yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar dapat meningkat. Saran bagi guru supaya dapat melakukan penelitian lanjutan dengan aspek yang lain, untuk mengembangkan pembelajaran IPS dan meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan guru, aktivitas siswa, strategi the power of two, hasil belajar siswa |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 19 Jul 2012 23:33 |
Last Modified: | 19 Jul 2012 23:33 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13629 |
Actions (login required)
View Item |