Implementasi Media Kartu Gambar Bergaris dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar


Aulia Asmarani, 1402407064 (2011) Implementasi Media Kartu Gambar Bergaris dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Implementasi Media Kartu Gambar Bergaris dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar] Microsoft Word (Implementasi Media Kartu Gambar Bergaris dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar) - Published Version
Download (30kB)

Abstract

Masalah pokok penelitian ini adalah rendahnya keterampilan siswa dalam menulis tegak bersambung. Siswa kelas II SDN Kalisegoro belum mampu menulis tegak bersambung dengan baik dan benar. Pembelajaran berpusat pada guru dan guru cenderung kurang kreatif. Selain itu media yang digunakan kurang menarik perhatian siswa, sehingga siswa kurang antusias mengikuti pembelajaran. Sebagai pemecahannya, yaitu dengan mengiimplementasikan media kartu gambar bergaris dalam pembelajaran menulis tegak bersambung agar aktivitas guru, aktivitas siswa, dan keterampilan siswa dalam menulis tegak bersambung dapat meningkat. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas II SDN Kalisegoro, Kecamatan Gunungpati, Kabupaten Semarang dengan jumlah siswa 33. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, masing-masing siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi dan catatan lapanga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan implementasi media kartu gambar bergaris dalam pembelajaran menulis tegak bersambung dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan keterampilan siswa dalam menulis tegak bersambung dengan baik dan benar. Hal tersebut dapat dilihat dengan adanya peningkatan aktivitas guru dalam pembelajaran pada siklus I menunjukkan jumlah skor 31 dengan persentase 70,45% termasuk dalam kriteria baik, pada siklus II menunjukkan jumlah skor 36 dengan persentase 81,82% termasuk dalam kriteria sangat baik, pada siklus III menunjukkan jumlah skor 42 dengan persentase 95,45% termasuk dalam kriteria sangat baik. Aktivitas siswa dalam pembelajaran yang menunjukkan skor rata-rata pada siklus I sebesar 22 dengan persentase 68,75% termasuk dalam kriteria baik, pada siklus II sebesar 24,30 dengan persentase 75, 95% termasuk dalam kriteria sangat baik, dan pada siklus III sebesar 26 dengan persentase 81,25% termasuk dalam kriteria sangat baik. Sedangkan keterampilan siswa dalam menulis tegak bersambung yang ditunjukkan dengan hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan rata-rata 65,73 dengan persentase ketuntasan 51,52%, pada siklus II 74,94 dengan persentase ketuntasan 66,67%, dan pada siklus III 78,61 dengan persentase 81,82%. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa dengan mengimplementasikan media kartu gambar bergaris dalam pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan keterampilan siswa dalam menulis tegak bersambung. Disarankan agar guru dapat memilih dan menerapkan metode serta media pembelajaran yang inovatif sesuai dengan materi pelajaran, salah satunya adalah dengan media kartu gambar bergaris. Sehingga keefektifan kegiatan belajar mengajar dapat tercapai dan suasana pembelajaran menjadi lebih menyenangkan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Menulis, Tegak Bersambung, Kartu Gambar Bergaris
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 19 Jul 2012 23:29
Last Modified: 19 Jul 2012 23:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13628

Actions (login required)

View Item View Item