Studi Deskriptif Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Untuk Meningkatkan Proses Belajar Siswa SMP Negeri 3 Pemalang


Gian Ami Wijaya, 1102406055 (2012) Studi Deskriptif Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Untuk Meningkatkan Proses Belajar Siswa SMP Negeri 3 Pemalang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Studi Deskriptif Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Untuk Meningkatkan Proses Belajar Siswa SMP Negeri 3 Pemalang] Microsoft Word (Studi Deskriptif Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Untuk Meningkatkan Proses Belajar Siswa SMP Negeri 3 Pemalang) - Published Version
Download (29kB)

Abstract

Perpustakaan sekolah merupakan salah satu alat bagi setiap program pendidikan dan pengajaran dimana perpustakaan itu bernaung. Dengan tersedianya fasilitas yang lengkap dan memadai diperpustakaan sekolah maka kebutuhan pengguna akan informasi dan terlayani dengan segala kebutuhan yang diperlukan, yakni sebagai salah satu jalan untuk menunjang meningkatkan proses belajar dan mengajar disekolah. Berdasarkan hasil penelitian tentang manfaat perpustakaan sekolah untuk meningkatkan proses belajar siswa di SMP Negeri 3 Pemalang diperoleh keterangan bahwa pemanfaatan perpus di SMP Negeri 3 Pemalang baru mencapai 66,45%, walaupun berdasarkan deskriptif persentasi sudah termasuk dalam kategori baik, namun masih perlu ditingkatkan mengingat efektifitas peningkatannya hanya 66,45%. Perpustakaan adalah kumpulan buku atau akomodasi fisik tempat buku dikumpulkan dan merupakan kumpulan bahan tercetak dan noncetak dan atau sumber informasi dalam computer yang disusun secara sistematis untuk kepentingan pemakai (IFLA dalam Basuki, 2009:6-7). Hasil penelitian menunjukan bahwa tujuan siswa datang kesekolah sudah termasuk dalam kategori baik, kebanyakan dari siswa datang ke sekolah dengan tujuan ingin meminjam buku, siswa meminjam buku di perpustakaan sekolah karena mereka tidak mempunyai buku yang dibutuhkan dan hanya di perpustakaan sekolah buku tersebut bisa didapatkan. Ada juga siswa yang datang ke perpustakaan sekolah dengan tujuan lain, tetapi jumlahnya hanya sedikit dibandingkan yang datang untuk meminjam buku. Siswa datang ke perpustakaan sekolah memang mempunyai maksud yang benar-benar untuk mencari sumber informasi yang mereka butuhkan, tidak sekedar untuk mengisi kartu peminjaman. Perpusatakaan yang baik adalah perpustakaan yang mampu menyediakan buku-buku pelajaran yang dibutuhkan oleh siswa, hampir tidak mungkin seorang siswa mampu membeli seluruh buku penunjang kegiatan belajar mengajar yang harganya semakin hari semakin membumbung tinggi kecuali bagi mereka yang benar-benar mampu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Fungsi, Perpustakaan Sekolah
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 17 Jul 2012 06:47
Last Modified: 17 Jul 2012 06:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13602

Actions (login required)

View Item View Item