Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V SDN Mangkang Kulon 02
Masruroh, 1102406020 (2011) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V SDN Mangkang Kulon 02. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V SDN Mangkang Kulon 02)
- Published Version
Download (32kB) |
Abstract
Belajar pada dasarnya adalah proses perubahan sikap berkat adanya pengalaman. Oleh karena itu perubahan sikap dibutuhkan dalam pembelajaran supaya tujuan yang diharapkan dapat tercapai. Berdasarkan hasil observasi di SDN Mangkang Kulon 02 menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa 59,89, aktivitas siswa kurang baik dan ketuntasan klasikal sebesar 39,47 dengan KKM di SDN Mangkang Kulon 02 sebesar 65. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa SDN Mangkang kulon 02 melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada sub pokok bahasan operasi hitung pecahan, (2) Untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika, (3) untuk meningkatkan aktivitas guru dalam pembelajaran di SDN Mangkang Kulon 02 melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada sub pokok bahasan operasi hitung pecahan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lokasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini di SDN Mangkang Kulon 02. Subjek penelitian ini siswa kelas V tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 38 siswa. Data penelitian berupa hasil belajar siswa diperoleh dari tes (kuis), hasil aktifitas siswa diperoleh dari lembar observasi serta hasil aktifitas guru diukur dengan lembar observasi. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil siklus I persentase aktivitas siswa sebesar 71,88%, kinerja guru 71% dan nilai rata-rata kelas pada saat posttest mencapai 69,21 dengan ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 52,72%, kemudian pada siklus II persentase aktivitas siswa 77,80%, kinerja guru 87,5% dan nilai rata-rata meningkat menjadi 74,47 dengan ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 71,05%, dan pada siklus III persentase aktivitas siswa 91,46%, kinerja guru 91,6% dan nilai rata-rata mencapai 94,21 dengan ketuntasan belajar klasikal siswa mencapai 94,74%. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan Operasi hitung pecahan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri Mangkang kulon 02. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka model pembelajaran perolehan konsep dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran Matematika. Adanya peningkatan kesiapan guru dan sekolah dalam memberikan metode lain dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran supaya siswa tidak jenuh dan siswa menjadi aktif dan lebih kreatif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Student Teams Achievement Divisions |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 17 Jul 2012 06:10 |
Last Modified: | 17 Jul 2012 06:10 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13597 |
Actions (login required)
View Item |