Modifikasi Permainan Sepakbola Dalam Pembelajaran Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Tanah Kavling Pada Siswa Kelas V SD Negeri Gumayun 01 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal


H e r i y a n t o, 6102909032 (2011) Modifikasi Permainan Sepakbola Dalam Pembelajaran Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Tanah Kavling Pada Siswa Kelas V SD Negeri Gumayun 01 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Modifikasi Permainan Sepakbola Dalam Pembelajaran Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Tanah Kavling Pada Siswa Kelas V SD Negeri Gumayun 01 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal] Microsoft Word (Modifikasi Permainan Sepakbola Dalam Pembelajaran Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Tanah Kavling Pada Siswa Kelas V SD Negeri Gumayun 01 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal) - Published Version
Download (34kB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah karena keterbatasan sarana dan prasarana di sekolah yang menjadikan proses pembelajaran tidak dapat berjalan dengan baik. Oleh karena itu pembelajaran Penjasorkes ini dikembangkan dengan memanfaatkan lingkungan luar sekolah untuk melatih permainan sepakbola siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana modifikasi permainan sepakbola dalam pembelajaran Penjasorkes melalui pendekatan lingkungan tanah kavling pada siswa kelas V SD Negeri Gumayun 01 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal”. Sedangkan tujuannya adalah untuk menghasilkan produk modifikasi permainan sepakbola dalam pembelajaran Penjasorkes melalui pendekatan tanah kavling SD Negeri Gumayun 01 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan untuk menghasilkan produk pembelajaran, yaitu (1) melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa modifikasi permainan sepakbola), (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli Penjasorkes dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba skala kecil dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba skala kecil (12 siswa). Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji coba skala besar (54 siswa), (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan uji coba skala besar, (7) hasil akhir model modifikasi permainan sepakbola dalam pembelajaran Penjasorkes pada siswa kelas V SD Negeri Gumayun 01 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan observasi yang diperoleh dari evaluasi ahli, uji coba skala kecil dan uji coba skala besar. Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengungkap aspek kognitif, psikomor dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli Penjaorkes 81,33% (baik), ahli pembelajaran I 82,67% (baik), ahli pembelajaran II 93,33% (sangat baik), uji coba skala kecil 98,89% (sangat baik), uji coba skala besar 94,7% (sangat baik), Aktifitas siswa skala kecil 97,50% (sangat baik), skala besar 98,70% (sangat baik), Kerjasama siswa skala kecil 100% (sangat baik), skala besar 100% (sangat baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa modifikasi permainan sepakbola ini dapat digunakan bagi siswa kelas V SD Negeri Gumayun 01 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan bagi guru Penjasorkes di Sekolah Dasar untuk menggunakan produk modifikasi permainan sepakbola yang dihasilkan dari penelitian pengembangan ini dan hendaknya guru berinovasi membuat model pembelajaran lain yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran Penjasorkes di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 17 Jul 2012 00:18
Last Modified: 17 Jul 2012 00:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13509

Actions (login required)

View Item View Item