Survei Sarana Prasarana Olahraga di Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Daksa Prof. Dr. Soeharso Surakarta Tahun 2011


Yuni Apriyani, 6101407026 (2011) Survei Sarana Prasarana Olahraga di Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Daksa Prof. Dr. Soeharso Surakarta Tahun 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Survei Sarana Prasarana Olahraga di Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Daksa Prof. Dr. Soeharso Surakarta Tahun 2011] Microsoft Word (Survei Sarana Prasarana Olahraga di Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Daksa Prof. Dr. Soeharso Surakarta Tahun 2011) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh teori dan fakta bahwa Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Daksa Soeharso Surakarta sebagai tempat rehabilitasi yang menitik beratkan pada penguasaan kemampuan kerja untuk bekal bermasyarakat, selain itu terdapat beberapa atlet yang berprestasi dibidang olahraga. Ketersedian sarana prasarana olahraga merupakan salah satu faktor yang memberikan kemudahan tercapainya tujuan olahraga dan memungkinkan melaksanakan program olahraga. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimanakah ketersediaan sarana dan prasarana olahraga di Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Daksa Soeharso Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan sarana dan prasarana olahraga di Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Daksa Prof. Dr. Soeharso Surakarta tahun 2011. Populasi dalam penelitian ini adalah Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Daksa Prof. Dr Soeharso Surakarta. Populasi yang ada sekaligus sebagai sampel atau dengan kata lain penelitian ini menggunakan total sampling. Variabel yang akan diteliti adalah ketersediaan sarana prasarana bidang keolahragaan di Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Daksa Prof. Dr. Soeharso Surakarta, sedangkan metode pengumpulan data dari penelitian ini adalah suatu survei dengan lembar observasi yang dilengkapi dengan wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, di Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Daksa Soeharso Surakarta, ketersediaan sarana prasarana seperti bola besar, bola kecil, atletik, senam, dan kebugaran sudah tersedia. Sedangkan sarpras untuk aktivitas air sama sekali belum terpenuhi dengan kata lain belum tersedia. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu sarana prasarana olahraga di Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Daksa Soeharso Surakarta telah terpenuhi dengan baik, hanya kualitas dan kuantitas sarpras masih perlu ditingkatkan. Peneliti menyarankan agar Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Daksa Soeharso Surakarta berusaha menggunakan tenaga pengajar olahraga yang profesional agar lebih kreatif, inovatif dalam merancang materi dan pemanfaatan sarpras yang tersedia dengan baik. Selain itu, pengarsipan sarpras yang dirawat perlu dilakukan untuk dijadikan control ketersediaan sarpras sehingga atlet dapat memaksimalkan kemampuanya dibidang olahraga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 Jul 2012 12:15
Last Modified: 16 Jul 2012 12:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13499

Actions (login required)

View Item View Item