Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Impor Gula Indonesia Periode 1980-2009


Luqman Hakim,, 7450407097 (2012) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Impor Gula Indonesia Periode 1980-2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Impor Gula Indonesia Periode 1980-2009] Microsoft Word (Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Impor Gula Indonesia Periode 1980-2009) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Gula merupakan salah satu komoditas pertanian yang diimpor Indonesia. Setiap tahunnya impor gula Indonesia terus mengalami kenaikan, hal ini dikarenakan kebutuhan konsumsi gula yang tidak bisa dicukupi dengan produksi gula domestik, harga gula internasional yang relatif lebih murah dari pada gula domestik dan pertumbuhan penduduk Indonesia yang semakin pesat yang diikuti juga dengan pertumbuhan konsumsi gula, sehingga pertanyaan masalahnya adalah bagaimana pengaruh secara parsial dan simultan produksi gula domestik Indonesia, harga gula internasional dan jumlah penduduk Indonesia terhadap impor gula Indonesia periode 1980-2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih jauh lagi mengenai masalah faktor-faktor yang mempengaruhi impor gula Indonesia periode 1980-2009, yaitu : produksi gula domestik, harga gula internasional serta jumlah penduduk Indonesia. Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi log linier dengan metode pendekatan OLS (Ordinary Least Square) sedangkan untuk menganalisis pengaruh variabel independen terhadap variabel dependennya digunakan alat analisis koefisien determinasi (R2) dan pengujian secara parsial menggunakan uji t-statistik dan pengujian secara serempak menggunakan uji F-statistik, selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik dimana semua pengujian diatas menggunakan perhitungan progam Eviews 6.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produksi gula domestik berpengaruh negatif dan signifikan, harga gula internasional berpengaruh positif dan signifikan dan jumlah penduduk Indonesia berpengaruh positif dan signifikan terhadap impor gula Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka petani maupun produsen gula diharapkan dapat bekerja sama dengan Pemerintah maupun investor swasta dalam upaya untuk meningkatkan kapasitas produksi gula domestik. Pemerintah diharapkan dapat melakukan stabilisasi harga gula domestik terhadap harga gula internasional. Penduduk Indonesia diharapkan dapat lebih sadar akan pentingnya program-program pengendalian jumlah penduduk yang dibuat Pemerintah yang bertujuan mengendalikan pertumbuhan penduduk Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Impor Gula, Produksi Gula, Harga Gula, Jumlah Penduduk
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Jul 2012 07:23
Last Modified: 13 Jul 2012 07:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13478

Actions (login required)

View Item View Item