Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Kredit Konsumsi Pada Bank Umum di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2005-2010


Setya Widodo, ., 7450407099 (2012) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Kredit Konsumsi Pada Bank Umum di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2005-2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Kredit Konsumsi Pada Bank Umum di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2005-2010] Microsoft Word (Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Kredit Konsumsi Pada Bank Umum di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2005-2010) - Published Version
Download (15kB)

Abstract

Kredit perbankan sangat penting dan berperan untuk mendorong pertumbuhan perekonomian suatu negara karena kredit perbankan dapat meningkatkan lalu lintas pembayaran dan pendorong kemajuan perdagangan nasional dan internasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan kredit konsumsi pada bank umum di Provinsi Jawa Tengah tahun 2005-2010 yaitu: tingkat suku bunga kredit konsumsi, tingkat inflasi, nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika. Objek penelitian ini menggunakan bank umum di Jawa Tengah pada periode penelitian dari tahun 2005-2010 (secara bulanan). Teknik analisis yang digunakan adalah regresi log linier dengan metode pendekatan OLS (Ordinary Least Square). Sedangkan, untuk menganalisis pengaruh variabel independen terhadap variabel dependennya digunakan alat analisis koefisien determinasi (R2) dan pengujian secara parsial digunakan uji t-statistik dan pengujian secara bersama-sama digunakan uji F-statistik dengan tingkat signifikansi 5%. Selain itu, dilakukan uji asumsi klasik dan semua pengujian menggunakan perhitungan progam Eviews 6.0. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa; 1) secara parsial variabel tingkat suku bunga kredit konsumsi mempunyai pengaruh negatif dan signifikan sebesar 0,0000, 2) secara parsial variabel tingkat inflasi mempunyai pengaruh negatif dan signifikan sebesar 0,0426, 3) secara parsial variabel nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika mempunyai pengaruh positif dan signifikan sebesar 0,0006. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa tingkat suku bunga kredit konsumsi, tingkat inflasi dan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika berpegaruh terhadap permintaan kredit konsumsi pada bank umum di Jawa Tengah. Hal ini ditunjukan pada nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,744622 yang berarti permintaan kredit pada bank umum di Jawa Tengah dapat dijelaskan oleh variasi model dari tingkat suku bunga kredit konsumsi, tingkat inflasi, nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika sebesar 74,46 % dan sisanya 25,54 % dijelaskan oleh variabel lain diluar model yang diteliti. Perbankan diharapkan dapat melaksanakan kebijakan menetapkan tingkat suku bunga kredit konsumsi, mencegah tingkat inflasi yang tinggi dan menjaga nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika sehingga kredit konsumsi di Jawa Tengah dapat terpenuhi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kredit Konsumsi, Tingkat Suku Bunga Kredit Konsumsi, Tingkat Inflasi, Nilai Tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Jul 2012 06:58
Last Modified: 13 Jul 2012 06:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13475

Actions (login required)

View Item View Item