Pengaruh Investasi, Pengeluaran Pemerintah dan Tenaga Kerja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2007-2009.


Melina Ayuningtyas , 7450407066 (2012) Pengaruh Investasi, Pengeluaran Pemerintah dan Tenaga Kerja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2007-2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Investasi, Pengeluaran Pemerintah dan Tenaga Kerja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2007-2009.]
Preview
PDF (Pengaruh Investasi, Pengeluaran Pemerintah dan Tenaga Kerja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2007-2009.) - Published Version
Download (224kB) | Preview

Abstract

Masalah pertumbuhan ekonomi dipandang sebagai masalah makroekonomi dalam jangka panjang dan dipengaruhi oleh banyak faktor. Investasi mempunyai pengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi suatu daerah, pertumbuhan ekonomi suatu daerah juga tidak lepas dari pemerintah daerah. Sumber daya manusia merupakan faktor yang penting dalam proses pembangunan, karena sumber daya yang terampil akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi di Provinsi Jawa Tengah selama periode penelitian cenderung mengalami penurunan dan lebih rendah dibandingkan dengan provinsi lain di Pulau Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh investasi, pengeluaran pemerintah dan tenaga kerja kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah tahun 2007-2009. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis linier berganda dengan metode GLS. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder berupa data pooling atau panel yaitu gabungan antara data cross section data dari 35 kabupaten/kota Provinsi Jawa Tengah dan time series dari tahun 2007-2009 (3 tahun) dengan pendekatan efek tetap. Hasil penelitian menunjukan bahwa investasi, pengeluaran pemerintah dan tenaga kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi Jawa Tengah. Dari uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 1478,271 dengan probabilitas 0,0000 ini berarti variabel independen investasi, pengeluaran pemerintah dan tenaga kerja secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel dependen pertumbuhan ekonomi kabupaten/kota Provinsi Jawa Tengah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini adalah pemerintah daerah diharapkan menciptakan iklim investasi yang lebih baik, untuk investor dalam mengembangkan usaha lebih diarahkan pada kegiatan yang bersifat padat karya agar mampu menyerap tenaga kerja yang lebih banyak. Peran pemerintah daerah melalui pengeluaran pemerintah lebih memberikan bobot yang lebih besar dalam pengeluaran pembangunan yang menunjang perekonomian seperti membenahi infrastuktur yang ada guna memperlancar kegiatan perekonomian, memperbaiki deregulasi dan birokrasi agar investor dapat lebih mudah mengembangkan usahanya di Jawa Tengah sehingga pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pertumbuhan Ekonomi, Investasi, Pengeluaran Pemerintah, Tenaga Kerja.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Jul 2012 01:14
Last Modified: 13 Jul 2012 01:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13463

Actions (login required)

View Item View Item