Analisis Pengaruh JUB, Kurs, dan Produk Domestik Bruto terhadap Inflasi di Indonesia Tahun 1967-2010 Pendekatan Error Correction Model.


Yuliyati Sarinastiti , 7450407065 (2012) Analisis Pengaruh JUB, Kurs, dan Produk Domestik Bruto terhadap Inflasi di Indonesia Tahun 1967-2010 Pendekatan Error Correction Model. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Pengaruh JUB, Kurs, dan Produk Domestik Bruto terhadap Inflasi di Indonesia Tahun 1967-2010 Pendekatan Error Correction Model.]
Preview
PDF (Analisis Pengaruh JUB, Kurs, dan Produk Domestik Bruto terhadap Inflasi di Indonesia Tahun 1967-2010 Pendekatan Error Correction Model.) - Published Version
Download (410kB) | Preview

Abstract

Inflasi merupakan salah satu indikator makro ekonomi yang sulit diprediksi dan dikendalikan keberadaanya. Perubahan dan pergerakan inflasi itu sendiri menjadi sebuah sorotan dan acuan penting bagi para pelaku ekonomi. Pemerintah sendiri sejak tahun 2000 telah menetapkan kebijakan Inflation Targeting Framework untuk mengarahkan ekspektasi masyarakat terhadap inflasi yang akan terjadi. Namun target inflasi dari kebijakan yang telah ditetapkan tersebut masih seringkali meleset dari perkiraan. Inflasi itu sendiri sulit untuk diprediksi, walaupun pemerintah telah menetapkan target inflasi setiap tahunnya, tetap saja target inflasi tersebut seringkali meleset, sehingga perlu dikaji kembali faktor-faktor apa yang mempengaruhi inflasi di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan jangka pendek dan jangka panjang antara variabel jumlah uang beredar, kurs Rupiah terhadap Dollar Amerika Serikat, dan Produk Domestik Bruto, terhadap Inflasi di Indonesia pada tahun 1967-2010. Dalam penelitian ini, digunakan data runtut waktu atau time series. Model analisis yang digunakan adalah alat analisis ekonometrika model koreksi kesalahan (Error Correction Model). Model ini dapat menjelaskan perilaku jangka pendek maupun jangka panjang. Hasil penelitian menunjukkan (1) data variabel penelitian stasioner pada level pertama (first different) dan terkointegrasi dalam jangka panjang. (2) Variabel jumlah uang beredar dalam jangka pendek dan jangka panjang tidak berpengaruh terhadap inflasi. (3) variabel Kurs Rupiah terhadap Dollar AS dalam jangka pendek dan jangka panjang berpengaruh positif terhadap inflasi di Indonesia. (4) Variabel Produk Domestik Bruto dalam jangka pendek tidak berpengaruh terhadap inflasi di indoneisa, namun dalam jangka panjang berpengaruh negatif terhadap inflasi di Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel independen dalam penelitian ini memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap inflasi di Indonesia baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Bagi pemerintah dalam mengambil keputusan dalam kebijakan yang mempengaruhi inflasi harus melihat terlebih dahulu penyebab dari inflasi tersebut. Upaya dari pengendalian inflasi melalui kebijakan Inflation Targeting framework juga harus dibarengi dengan aksi riil dari Pemerintah guna mencapai target inflasi yang telah diterapkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Inflasi, Jumlah Uang Beredar, Kurs, Produk Domestik Bruto, Error Correction Model.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Jul 2012 01:11
Last Modified: 13 Jul 2012 01:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13462

Actions (login required)

View Item View Item