Pengaruh Keberadaan Ring Road Dan Site Plan Lingkungan Fisik Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sma N 2 Salatiga


Muhammad Fahmi Johan Syah, 7101408024 (2012) Pengaruh Keberadaan Ring Road Dan Site Plan Lingkungan Fisik Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sma N 2 Salatiga. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Keberadaan Ring Road Dan Site Plan Lingkungan Fisik Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sma N 2 Salatiga] Microsoft Word (Pengaruh Keberadaan Ring Road Dan Site Plan Lingkungan Fisik Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sma N 2 Salatiga) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Salah satufaktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah motivasi belajar siswa. Motivasi belajar sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah lingkungan fisik sekolah. Berbagai penelitian yang telah dilakukan sebelumnya mengenai dampak adanaya ring road dan lingkungan fisik sekolah terhadap pendidikan khususnya motivasi. Berdasarkan observasi yang dilakukan posisi SMA N 2 Salatiga sangat dekat dengan jalan lingkar (ring road). Selain itu dalam 3 tahun terakhir kondisi lingkungan fisik sekolah SMA N 2 Salatiga banyak mengalami perbaikan. Untuk itu perlu diadakan penelitian di SMA N 2 Salatiga mengenai pengaruh keberadaan ring road saltiga dan site plan lingkungan fisik sekolah terhadap motivasi belajar siswa SMA N 2 Salatiga. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh keberadaan ring road dan site plan lingkungan fisik sekolah terhadap motivasi belajar siswa secara simultan dan parsial, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh ring road dan site plan lingkungan fisik sekolah terhadap motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah 204 siswa yang melewati ring road dengan sampel 62 responden.Dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan angket untuk pengumpulan data. Angket penelitian ini mencakup 3 variabel yaitu motivasi belajar siswa, keberadaan ring road, dan site plan lingkungan fisik sekolah. Analisis penelitian menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini diperoleh fakta bahwa, hasil uji statistik F, nilai F sebesar 37.620 jauh di atas angka 4 dengan signifikansi 0.000 jauh di bawah 0.05.Hasil uji statistik t menunjukkan nilai Beta pada Unstandardized Coeficient kedua variabel yaitu keberadaan ring road 0.379 dan variabel site plan 0.303 keduanya tidak sama dengan nol. Selain itu kedua variabel menunjukkan siginifikansi di bawah 0.05, variabel ring road 0.000 dan Site Plan 0.000. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa keberadaan ring road dan site plan lingkungan fisik sekolah berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap motivasi belajar siswa SMA N 2 Salatiga. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini adalah mendorong pemanfaatan ring road untuk mobilitas sekolah (bagi siswa yang rumahnya dekat ring road) serta membuat lingkungan fisik yang nyaman serta memperhatikan site plan yang baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Ring Road, Site Plan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Jul 2012 04:17
Last Modified: 12 Jul 2012 04:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13443

Actions (login required)

View Item View Item