Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Menganalisis Aspek-Aspek Pengelolaan Usaha Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK 1 Pemalang
Indry Nurmeisari, 7101407225 (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Menganalisis Aspek-Aspek Pengelolaan Usaha Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK 1 Pemalang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Menganalisis Aspek-Aspek Pengelolaan Usaha Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK 1 Pemalang)
- Published Version
Download (30kB) |
Abstract
Tujuan Pembelajaran Aspek Administrasi Usaha dalam pengelolaan Usaha pada Kompetensi Dasar Menganalisis Aspek-Aspek Pengelolaan usaha adalah konsep pemahaman yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari seperti membuat sistem administrasi usaha yang meliputi pendirian usaha, surat-menyurat, pencatatan transaksi dan perhitungan pajak. Berdasarkan hasil observasi di SMK 1 Pemalang nilai siswa pada kompetensi dasar menganalisis aspek-aspek pengelolaan usaha belum memuaskan karena masih ada siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada mata pelajaran kewirausahaan yaitu 7,0. Rendahnya prestasi belajar yang dicapai siswa salah satu faktor penyebabnya adalah pendekatan pembelajaran yang digunakan oleh guru selama ini belum mampu meningkatkan gairah belajar para siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa dalam kompetensi dasar Menganalisis Aspek-Aspek Pengelolaan Usaha di SMK 1 Pemalang dapat ditingkatkan melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning? Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AP SMK 1 Pemalang yang berjumlah 78 siswa. Kelas XI AP 1 diputuskan sebagai kelas dengan tindakan konvensional, dan kelas XI AP 2 sebagai kelas dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning. Kegiatan setiap siklus dalam penelitian meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dan siklus II terlihat bahwa presentase ketuntasan belajar pada kelas dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning mengalami peningkatan. Presentase ketuntasan belajar pada kedua kelas tersebut adalah sebagai berikut: pada kelas dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 56,4% dan terus meningkat menjadi 87,2% pada siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pada kelas dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan ketuntasan klasikal lebih baik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memperkaya pengetahuan guru tentang penggunaan pendekatan dan hasil belajar yang mampu dihasilkan oleh pendekatan Contextual Teaching and Learning. Pada pelaksanaan proses pembelajaran, sebaiknya guru menggunakan pendekatan yang dapat membuat siswa aktif dalam mendapatkan pengetahuan dimana dalam proses pembelajaran guru hanya bertindak sebagai mediator dan fasilitator seperti pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL).
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Pendekatan Contextual Teaching and Learning |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 12 Jul 2012 03:52 |
Last Modified: | 12 Jul 2012 03:52 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13435 |
Actions (login required)
View Item |