Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kinerja Guru dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas XI IPS SMA NEGERI 1 BERGAS Tahun Pelajaran 2010/2011
Prima Arika Meliana, 3301405577 (2011) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kinerja Guru dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas XI IPS SMA NEGERI 1 BERGAS Tahun Pelajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kinerja Guru dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas XI IPS SMA NEGERI 1 BERGAS Tahun Pelajaran 2010/2011)
- Published Version
Download (34kB) |
Abstract
Dalam proses belajar mengajar guru menjadi pemegang peranan utama. Kebenaran argumen perlu dibuktikan melalui penelitian agar diperoleh jawaban yang akurat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) apakah ada pengaruh kinerja guru dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar akuntansi siswa pada kelas XI IPS SMA N 1 BERGAS tahun pelajaran 2010/2011. 2) apakah ada pengaruh kinerja guru terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA N 1 BERGAS tahun pelajaran 2010/2011, 3) apakah ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA N 1 BERGAS tahun pelajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA N 1 BERGAS tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 125 siswa, 20 siswa dijadikan subyek dalam uji coba.Variabel dalam penelitian ini adalah: 1) kinerja guru, 2) motivasi belajar, 3) prestasi belajar. Analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif persentase, analisis regresi dengan bantuan komputer program SPSS. Berdasarkan hasil analisis deskriptif persentase menunjukkan bahwa kinerja guru dalam kategori sedang (61,60%) dan motivasi belajar dalam kategori sedang (67,78%). Berdasarkan hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan Ý = 58,553 + 0,038 + 0,068 . Uji keberartian persamaan regresi menggunakan uji F, beradasarkan hasil perhitungan diperoleh sebesar 34,772 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga ditolak yang berarti hipotesis yang menyatakan ada pengaruh secara bersama-sama atau simultan antara kinerja guru dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar akuntansi diterima. Berdasarkan hasil uji t, kinerja guru berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi dimana kinerja guru memiliki nilai = 5,971 dengan signifikansi 0,000 > 0,05. Motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi dimana motivasi belajar memiliki nilai = 3,114 dengan signifikansi 0,002 > 0,05. Berdasakan hasil penelitian dapat diambil simpulan bahwa ada pengaruh kinerja guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA N 1 BERGAS tahun pelajaran 2010/2011. Oleh karena itu peneliti menyampaikan beberapa saran, diantaranya adalah ditinjau dari kinerja guru berdasarkan isian angket menunjukkan kecenderungan rendah, maka sebaiknya memperbaiki kinerjanya, sedangkan pada motivasi belajar seorang siswa hendaknya lebih giat mencari informasi dan pengetahuan dari media umum untuk meningkatkan semangat belajar Akuntansi dan sekaligus untuk memotivasi diri sebagai siswa. Selain itu, Guru mata pelajaran Akuntansi belum optimal kinerjanya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja Guru, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 12 Jul 2012 02:32 |
Last Modified: | 12 Jul 2012 02:32 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13415 |
Actions (login required)
View Item |