Pengaruh Pelayanan, Lokasi, Promosi, dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Hotel New Metro Semarang


Aldo Fitra Romansyah, 7350406620 (2011) Pengaruh Pelayanan, Lokasi, Promosi, dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Hotel New Metro Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Pelayanan, Lokasi, Promosi, dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Hotel New Metro Semarang] Microsoft Word (Pengaruh Pelayanan, Lokasi, Promosi, dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Hotel New Metro Semarang) - Published Version
Download (35kB)

Abstract

Penurunan jumlah tingkat hunian kamar Hotel New Metro Semarang bulan Agustus sampai Desember 2011 mengindikasikan adanya penurunan tingkat Kepuasan Pelanggan. Pihak hotel sudah menawarkan keunggulan dalam segi pelayanan, lokasi, promosi, dan harga untuk memuaskan keinginan pelanggan, sehingga perlu dikaji secara empiris sejauh mana pelayanan, lokasi, promosi, dan harga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh pelayanan, lokasi, promosi, dan harga terhadap kepuasan konsumen Hotel New Metro Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Hotel New Metro Semarang dengan sampel 100 orang dengan menggunakan teknik Cluster Sampel. Variabel yang digunakan variabel Y (Kepuasan Konsumen) dan variabel X (Pelayanan, Lokasi, Promosi, dan Harga). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data yang digunakan analisis deskriptif persentase, analisis regresi berganda menggunakan SPSS 15. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 1,841 + 0,235 X1 + 0,236 X2 + 0,140 X3 + 0,162 X4. Uji simultan diperoleh f hitung = 41,882. Uji parsial (uji t) menunjukkan bahwa pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan, lokasi berpengaruh siginifikan terhadap kepuasan, promosi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan, harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan. Uji partial diperoleh t1 (pelayanan) = 4,186, t2 (lokasi) = 4,576, t3 (promosi) = 3,087, t4 (harga) = 2,194. Koefisien determinasi sebesar 0,623, hal ini berarti 62,3 % Kepuasan Konsumen Hotel New Metro Semarang dipengaruhi oleh Pelayanan, Lokasi, Promosi, dan Harga sedangkan sisanya 37,7 % dipengaruhi oleh variabel lain yang berada di luar variabel yang diteliti dalam penelitian ini. Koefisien determinasi (r2) pelayanan sebesar 15,6%, lokasi sebesar 18,06%, promosi sebesar 9,12%, harga sebesar 4,84%. Simpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif antara pelayanan, lokasi, promosi, dan harga secara simultan terhadap kepuasan konsumen Hotel New Metro Semarang. Tamu hotel menyatakan bahwa pelayanan, lokasi, dan kepuasan konsumen Hotel New Metro Semarang baik, sedangkan promosi dan harga cukup baik. Pelayanan yang diberikan ditingkatkan, yaitu dengan menambah jumlah karyawan. Pengelola hendaknya lebih memperhatikan tempat parkir yaitu dengan cara memperluas tempat parkir yang ada. Promosi yang dilakukan lebih ditingkatkan yaitu dengan cara melakukan segala jenis promosi. Pengelola harus selalu memperhatikan tarif harga dari hotel lain yang merupakan hotel pesaing.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan, Lokasi, Promosi, Harga, Kepuasan Konsumen
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Jul 2012 01:21
Last Modified: 12 Jul 2012 01:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13394

Actions (login required)

View Item View Item