ANALISIS DISPARITAS PENDAPATAN KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI JAWA TENGAN TAHUN 2007-2009


Wakhid Rokhman, 7450407032 (2011) ANALISIS DISPARITAS PENDAPATAN KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI JAWA TENGAN TAHUN 2007-2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS DISPARITAS PENDAPATAN KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI JAWA TENGAN TAHUN 2007-2009] Microsoft Word (ANALISIS DISPARITAS PENDAPATAN KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI JAWA TENGAN TAHUN 2007-2009) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

Pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan trickle-down effect terjadi, maka secara umum tingkat kesejahteraan masyarakat di suatu daerah sudah pasti meningkat. Akan tetapi, pertumbuhan ekonomi Provinsi Jawa Tengah yang tinggi hanya terkonsentrasi pada beberapa daerah saja. Permasalahan dalam penelitian ini adalah seberapa besar kesenjangan pendapatan dan seberapa besar pengaruh tingkat kemiskinan, angkatan kerja, dan pengeluaran pemerintah terhadap kesenjangan pendapatan di Provinsi Jawa Tengah. Tujuan dari peneltian ini adalah menganalisis kondisi kesenjangan dan menganalisis seberapa besar pengaruh tingkat kemiskinan, angkatan kerja, dan pengeluaran pemerintah daerah terhadap kesenjangan pendapatan kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah. Kesenjangan pendapatan diukur dengan Indeks Williamson, sedangkan pengaruh masing-masing variabel terhadap kesenjangan pendapatan digunakan analisis regresi berganda dengan data panel. Hasil penelitian menunjukkan kesenjangan pendapatan kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah bertaraf rendah, namun dengan perbedaan indeks yang relatif tinggi. Sedangkan hasil regresi panel menunjukkan tingkat kemiskinan (Poor) berpengaruh positif dan signifikan pada taraf 5%, dengan koefisien sebesar 0,000133 dan probability sebesar 0,00018. Angkatan kerja (LnAk) berpengaruh negatif dan signifikan pada taraf 5%, dengan koefisien sebesar 0,012314 dan probability sebesar 0,0000. Pengeluaran pemerintah (LNGE) berpengaruh negatif dan signifikan pada taraf 5%, dengan koefisien sebesar 0,006087 dan probability sebesar 0,0000. Berdasarkan hasil peneltian dapat disimpulkan kesenjangan pendapatan kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah tahun 2007-2009 bertaraf rendah tetapi dengan perbedaan indeks kesenjangan yang relatif tinggi, tingkat kemiskinan berpengaruh positif, pengeluaran pemerintah dan angkatan kerja berpengaruh negatif terhadap kesenjangan. Berkaitan dengan penelitian ini disarankan bagi pemerintah dapat melaksanakan pembangunan yang berorientasi pada pemerataan, pembentukan kelompok usaha, pemberian modal, memperbesar pengeluaran modal dan pembangunan, sedangkan bagi masyarakat merubah paradigma masyarakat dari mencari kerja menjadi membuka lapangan kerja dan menghasilkan produk olahan yang lebih memiliki nilai ekonomis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Disparitas Pendapatan, Tingkat Kemiskinan, Angkatan Kerja, Pengeluaran Pemerintah
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 Jul 2012 12:26
Last Modified: 11 Jul 2012 12:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13382

Actions (login required)

View Item View Item