Analisis Pengaruh Rasio Keuangan, Inflasi, Tingkat Suku Bunga Dan Nilai Tukar Rupiah Terhadap Return Saham Indeks LQ45


Usman Maulana, 7250407079 (2011) Analisis Pengaruh Rasio Keuangan, Inflasi, Tingkat Suku Bunga Dan Nilai Tukar Rupiah Terhadap Return Saham Indeks LQ45. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Pengaruh Rasio Keuangan, Inflasi, Tingkat Suku Bunga Dan Nilai Tukar Rupiah Terhadap Return Saham Indeks LQ45] Microsoft Word (Analisis Pengaruh Rasio Keuangan, Inflasi, Tingkat Suku Bunga Dan Nilai Tukar Rupiah Terhadap Return Saham Indeks LQ45) - Published Version
Download (29kB)

Abstract

Pasar modal merupakan sarana untuk masyarakat berinvestasi. Pasar Modal memiliki peran penting bagi perekonomian suatu negara karena pasar modal menjalankan dua fungsi, yaitu pertama sebagai sarana bagi pendanaan usaha atau sebagai sarana bagi perusahaan untuk mendapatkan dana dari investor, kedua pasar modal menjadi sarana bagi masyarakat untuk berinvestasi pada instrumen keuangan untuk mendapatkan keuntungan (return) atas investasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh return on asset (ROA), return on equity (ROE), debt to equity ratio (DER), inflasi, tingkat suku bunga, dan nilai tukar rupiah terhadap return saham indeks LQ45. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia. Sampel dari penelitian ini adalah saham-saham yang tergabung dalam indeks LQ45. penentuan sampel pada penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh 9 sampel perusahaan yang memenuhi kriteria. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan variabel independen yang meliputi ROA, ROE, DER, Inflasi, tingkat suku bunga, dan nilai tukar rupiah serta variabel dependen dari penelitian ini adalah return saham. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ROA, ROE, DER, inflasi, tingkat suku bunga, dan nilai tukar rupiah secara simultan berpengaruh signifkan. Hasil analisis secara parsial, ROA dan ROE berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham, tingkat suku bunga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap return saham. DER dan inflasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap return saham. Sedangkan nilai tukar rupiah berpengaruh positif dan tidak signifikan. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh variabel independen tidak selamanya sesuai dengan teori yang ada, namun berubah sesuai dengan fenomena yang terjadi. Melihat kemampuann pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen yang hanya sebesar 67%, maka disarankan untuk berhati-hati dalam merealisasikan hasil penelitian ini dalam hal berinvestasi bagi calon investor. Hasil penelitian ini juga menyarankan kepada penelitian yang akan datang untuk menambahkan variabel independen lainnya yang berpengaruh terhadap return saham dan juga menambah rentan waktu penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ROA, ROE, DER, Inflasi, tingkat suku bunga, nilai tukar rupiah, return saham
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 Jul 2012 03:21
Last Modified: 11 Jul 2012 03:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13366

Actions (login required)

View Item View Item