Analisis Komparasi Reaksi Harga Saham di BEI Pada Saat Pengumuman Dividen Naik dan Pengumuman Dividen Turun


Firdaus Windisukma,, 7350408021 (2012) Analisis Komparasi Reaksi Harga Saham di BEI Pada Saat Pengumuman Dividen Naik dan Pengumuman Dividen Turun. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of . Analisis Komparasi Reaksi Harga Saham di BEI Pada Saat Pengumuman Dividen Naik dan Pengumuman Dividen Turun] Microsoft Word (. Analisis Komparasi Reaksi Harga Saham di BEI Pada Saat Pengumuman Dividen Naik dan Pengumuman Dividen Turun) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Kebijakan dividen merupakan kebijakan yang di dalamnya terdapat kepentingan pemegang saham dan kepentingan perusahaan itu sendiri karena perusahaan akan menentukan besarnya dividen yang akan dibagi kepada pemegang saham dan kepentingan perusahaan untuk menentukan laba ditahan. Dewasa ini, kontroversi keterkaitan antara kebijakan dividen dengan perubahan harga saham sangat besar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya riset gap antara penelitian terdahulu yang menyebutkan bahwa pengumuman dividen mempunyai pengaruh terhadap perubahan harga saham. Akan tetapi, di penelitian lain menyebutkan bahwa pengumuman dividen tidak mempunyai pengaruh terhadap perubahan harga saham. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan reaksi harga saham di BEI pada saat pengumuman dividen naik dan pengumuman dividen turun Populasi penelitian ini adalah semua saham yang terdaftar di Bursa Efek Indoesia selama tahun 2007 sampai tahun 2009 sebanyak 322 perusahaan. Berdasarkan kriteria purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 93 perusahaan. Metode penelitian terdiri dari menghitung return actual, expected return dan abnormal return, rata-rata abnormal return masing-masing saham, dan menguji perbedaannya dengan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya reaksi harga saham terhadap pengumuman dividen naik dengan nilai signifikansi sebesar 0.017<0.05 dan tidak ada reaksi harga saham terhadap pengumuman dividen turun ; tidak terdapat perbedaan rata-rata abnormal return sebelum dan sesudah pengumuman dividen tunai naik dengan nilai signifikansi sebesar 0.350>0.05; serta tidak terdapat perbedaan rata-rata abnormal return sebelum dan sesudah pengumuman dividen tunai turun dengan nilai signifikansi sebesar 0.543. Jadi, dapat disimpulkan harga saham bereaksi pada saat terjadi pengumuman dividen naik, sedangkan pada saat pengumuman dividen turun tidak terdapat reaksi harga saham.Saran bagi investor dan penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan penelitian ini yaitu : investor hendaknya melihat informasi dari pengumuman dividen sebelum melakukan keputusan investasi. Selain itu, untuk penelitian selanjutnya sebaiknya menggunakan periode pengamatan lebih panjang, menggunakan sampel yang spesifik, dan menambah variabel untuk di uji beda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Harga Saham, Pengumuman Dividen
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 11 Jul 2012 02:44
Last Modified: 11 Jul 2012 02:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13350

Actions (login required)

View Item View Item