Analisis Pengendalian Kas pada Koperasi BMT Al-Hikmah Babadan Kabupaten Semarang


Roasih, 7250308039 (2011) Analisis Pengendalian Kas pada Koperasi BMT Al-Hikmah Babadan Kabupaten Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Pengendalian Kas pada Koperasi BMT Al-Hikmah Babadan Kabupaten Semarang] Microsoft Word (Analisis Pengendalian Kas pada Koperasi BMT Al-Hikmah Babadan Kabupaten Semarang) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Pengendalian intern merupakan suatu proses yang dijalankan oleh pengawas, pengurus, dan karyawan, yang didesain untuk memberikan keyakinan yang memadai tentang pencapaian tujuan perusahaan yaitu; keandalan pelaporan keuangan, efektivitas dan efisiensi operasi, serta kepatuhan terhadap hukum dan peraturan yang berlaku. Pengendalian pada kas berarti untuk menjamin kepastian; a) semua penerimaan yang dicatat benar-benar telah diterima uangnya, b) pengeluaran-pengeluaran yang dilakukan benar-benar untuk pembelian barang/jasa yang telah dilakukan dan untuk pembayaran beban-beban operasi yang semestinya harus dikeluarkan, c) penerimaan dan pengeluaran dicatat dalam periode yang tepat, d) saldo kas benar-benar menunjukkan saldo kas yang semestinya, dan e) saldo kas telah disimpan secara aman. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah sistem pengendalian intern kas pada Koperasi BMT Al-Hikmah Babadan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sistem pengendalian intern kas di Koperasi BMT Al-Hikmah Babadan. Lokasi penelitian ini dilakukan di Koperasi BMT Al-Hikmah Babadan Kecamatan Ungaran, Kabupaten Semarang. Objek kajian dalam penelitian ini adalah pengendalian kas pada Koperasi BMT Al-Hikmah Babadan yang dilihat dari; segi organisasi, segi pelaksanaan, segi pengawasan, dan segi penerapan sanksi. Data yang digunakan ialah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, studi pustaka dan observasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu metode yang merumuskan data bukan berdasarkan perhitungan statistik akan tetapi dalam bentuk pernyataan dan uraian yang selanjutnya akan disusun secara sistematis dalam bentuk Tugas Akhir. Hasil penelitian diperoleh pengendalian intern kas pada Koperasi BMT Al-Hikmah Babadan memiliki kelemahan-kelemahan. Kelemahan-kelemahan tersebut antara lain: a) Pemberian nomor urut bukti transaksi tidak secara tercetak, b) terdapat perangkapan wewenang, yaitu fungsi pembukuan merangkap sebagai customer service, Kepala Bagian Operasional merangkap sebagai Administrasi Pembiayaan, c) adanya ketidaksesuaian antara SOP dengan kondisi real koperasi, d) kas yang diterima tidak segera didepositokan, e) Tidak adanya unsur-unsur pengendalian intern secara tertulis, f) Pembagian wewenang belum sesuai dengan skil karyawan. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa pengendalian kas koperasi BMT Al-Hikmah Babadan belum baik. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian tersebut ialah: a) segera membuat bukti-bukti transaksi dengan nomor urut tercetak. b) perlu diadakan penambahan karyawan untuk menduduki posisi-posisi yang dirangkap. c) taatilah aturan yang ada di SOP Koperasi. d) segera didepositokan kas yang diterima setiap hari. e) buatlah secara tertulis pengendalian intern. f) posisikan karyawan sesuai kemampuan yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Pengendalian Intern, Kas, BMT Al-Hikmah.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, D3
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 11 Jul 2012 01:14
Last Modified: 11 Jul 2012 01:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13316

Actions (login required)

View Item View Item