Efektivitas Metode Think-Pair-Share (TPS) Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas Xl IPS SMA YASIHA Gubug Tahun Ajaran 2011/2012


Nopy Sapitri,, 7101407307 (2012) Efektivitas Metode Think-Pair-Share (TPS) Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas Xl IPS SMA YASIHA Gubug Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Metode Think-Pair-Share (TPS) Berbantuan Media Powerpoint  Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas Xl IPS SMA YASIHA Gubug Tahun Ajaran 2011/2012] Microsoft Word (Efektivitas Metode Think-Pair-Share (TPS) Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas Xl IPS SMA YASIHA Gubug Tahun Ajaran 2011/2012) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Prestasi belajar siswa SMA YASIHA Gubug untuk kompetensi dasar jurnal penyesuaian masih rendah. Terlihat dari nilai ulangan harian sisswa banyak yang masih belum mencapai KKm yang ditentukan sekolah. Terkait dengan keadaan yang ada, permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan prestasi belajar dan apakah metode Think-Pair-Share (TPS) berbantuan media PowerPoint efektif dibandingkan metode konvensional terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas Xl IPS SMA YASIHA Gubug tahun ajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA YASIHA tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 120 siswa yang terbagi dalam XI IPS1, XI IPS2, dan XI IPS3. Sampel diambil dari dua kelas yang paling homogen yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Variabel dalam penelitian ini berupa prestasi belajar ekonomi yang terdiri dari prestasi belajar ekonomi siswa yang menggunakan metode Think-Pair-Share berbantuan media PowerPoint, dan prestasi belajar ekonomi siswa yang menggunakan metode konvensional. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, dan observasi. Metode analisi data mengunakan Uji t (independent sampel t-test dan paired swampel t-test). Hasil penelitian menujukan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar ekonomi antara penerapan metode Think-Pair-Share (TPS) berbantuan media PowerPoint, dengan penerapan metode konvensional terlihat dari nilai posttest kelas eksperimen lebih baik dibnadingkan kelas kontrol. Selain itu, metode Think-Pair-Share (TPS) berbantuan media PowerPoint lebih efektif dibandingkan metode konvensional terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan prestasi belajar siswa kelas eksperimen lebh tinggi dibandingkan kelas kontrol. Simpulan dari penelitian in adalah terdapat perbedaan prestasi belajar ekonomi antara penerapan metode Think-Pair-Share (TPS) berbantuan media PowerPoint dengan penerapan metode konvensional, dan metode Think-Pair-Share (TPS) berbantuan media PowerPoint lebih efektif dibandingkan metode konvensional dan pada siswa kelas XI IPS SMA YASIHA Gubug tahun ajaran 2011/2012. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah guru ekonomi SMA YASIHA Gubug hendaknya mengimplementasikan metode Think-Pair-Share dalam pembelajaran ekonomi dengan harapan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Think-Pair-Share, Media PowerPoint, Prestasi Belajar Siswa.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 11 Jul 2012 00:56
Last Modified: 11 Jul 2012 00:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13309

Actions (login required)

View Item View Item