PEMBELAJARAN DRUM (LEVEL 1) PADA BALITA DI GLOBAL SWARA MUSIK SEMARANG


Eka Setyawan, 2503405050 (2012) PEMBELAJARAN DRUM (LEVEL 1) PADA BALITA DI GLOBAL SWARA MUSIK SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN  DRUM (LEVEL 1) PADA BALITA DI  GLOBAL  SWARA MUSIK  SEMARANG] Microsoft Word (PEMBELAJARAN DRUM (LEVEL 1) PADA BALITA DI GLOBAL SWARA MUSIK SEMARANG) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

Pembelajaran Drum (Level1) Pada Balita di Global Swara Musik Semarang diharapkan dapat memberi kontribusi positif kepada anak dalam memperoleh pengetahuan dan kemampuan dasar untuk mendengar, memperagakan, dan berkreatifitas dalam bermusik. Langkah-langkah pembelajaran di Global Swara Musik dimulai dengan mendeskripsikan bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan penilaiannya dengan tujuan dapat mengetahui dan menganalisis dari perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian di Global Swara Musik. Manfaat yang dapat diperoleh dari penelitian ini diharapkan menjadi informasi kepada instruktur Global Swara Musik agar dalam pembelajarannya dapat dilakukan secara jelas dan mudah ditangkap oleh siswa sehingga dapat digunakan sebagai pedoman selanjutnya Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang menghasilkan data deskriptif tentang “Pembelajaran Drum (Level 1) Pada Balita Di Global Swara Musik Semarang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data diperiksa dengan teknik pemeriksaan keabsahan data, menggunakan derajat kepercayaan dengan teknik triangulasi, kemudian data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran drum (level 1) pada balita di Global Swara Musik Semarang di Global Swara Musik Semarang adalah memberikan suasana yang menyenangkan, santai tapi tetap mementingkan penyampaian materi dalam kegiatan pembelajaran drum, dengan metode ceramah, demonstrasi, latihan, dan resitasi. Dengan melalui tiga tahapan dalam pembelajaran yaitu pendahuluan, pembelajaran, penutup. Untuk evaluasinya diadakan setiap 12 kali pertemuan atau setelah 3 bulan menempuh pembelajaran drum. Karena siswa yang menjadi subyek penelitian berusia balita, jadi tidak heran apabila saat ujian mengalami kegagalan. Untuk siswa-siswa yang gagal ujian maka harus menempuh pembelajaran selama 3 bulan lagi seperti awal mula mengikuti pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang Pembelajaran Drum (level 1) Pada Balita Di Global Swara Musik Semarang, saran yang dapat diberikan adalah (1) Instruktur dituntut untuk lebih bisa memahami siswa dalam keadaan mood atau tidak sebelum menyampaikan materi kepada siswa balita. (2) Pihak Global Swara Musik diharapkan mampu memberikan fasilitas media visual juga seperti televise dan DVD player untuk memutarkan video motivasi agar siswa tidak terlalu bosan ketika siswa tersebut dalam keadaan lelah dan bisa menumbuhkan motivasi bermain drum bagi anak tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 Jul 2012 22:12
Last Modified: 10 Jul 2012 22:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13294

Actions (login required)

View Item View Item