Kemampuan Mahasiswa Semester VI Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Jurusan Bahasa Dan Sastra Asing Universitas Negeri Semarang Dalam Menggunakan Connecteur Interactive


Aji Puguh Prasetyo, 2301405019 (2011) Kemampuan Mahasiswa Semester VI Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Jurusan Bahasa Dan Sastra Asing Universitas Negeri Semarang Dalam Menggunakan Connecteur Interactive. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kemampuan Mahasiswa Semester VI Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Jurusan Bahasa Dan Sastra Asing Universitas Negeri Semarang Dalam Menggunakan Connecteur Interactive] Microsoft Word (Kemampuan Mahasiswa Semester VI Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Jurusan Bahasa Dan Sastra Asing Universitas Negeri Semarang Dalam Menggunakan Connecteur Interactive) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Pembelajaran bahasa Prancis di Unnes meliputi berbagai macam mata kuliah seperti Production Écrite (menulis), Production Orale (berbicara), Compréhension Écrite (membaca), dan Compréhension Orale (menyimak) dari semester I-V dengan buku pegangan Campus. Dan di dalam mata kuliah Production Écrite (menulis) mahasiswa dituntut untuk bisa menulis kalimat ataupun berupa paragraph dalam bahasa Prancis dengan benar. Dalam susunan kalimat yang benar dibutuhkan kata hubung agar antara kalimat saling berkaitan dan kata yang dimaksud dengan kata hubung tersebut adalah connecteur interactive. Konektor interaktif mempunyai peranan penting untuk menggabungkan kalimat satu dengan lainnya, dan konektor interaktif terdiri dari conjonction, adverbe dan syntagme. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Jurusan Bahasa dan Sastra Asing dalam menggunakan konektor interaktif bahasa Prancis. Variabel penelitian ini adalah kemampuan mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Jurusan Bahasa dan Sastra Asing dalam menggunakan konektor interaktif bahasa Prancis. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis. Penelitian ini menggunakan validitas isi dan untuk mengukur reliabilitas dalam penelitian ini digunakan dua rumus, yaitu rumus K-R 21 karena penyekoran dalam tes ini adalah 1 dan 0 ( I dan II ) dan rumus alpha karena test berbentuk uraian dan dengan skor bukan 1-0 ( III, IV, V ). Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode tes dan metode dokumentasi Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata seluruh responden adalah 60,5. Jadi, berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh seluruh, kemampuan mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis dalam menggunakan konektor interaktif dikategorikan “Cukup”. Kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh responden adalah menggunakan car dan parce que. Hal ini disebabkan karena mereka belum mengetahui bagaimana perbedaan penggunaan parce que dan car.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Connecteur Interactive
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PC Romance languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 Jul 2012 22:08
Last Modified: 10 Jul 2012 22:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13293

Actions (login required)

View Item View Item