Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar atapelajaran ekonomi kelas X SMA Kesatrian 1 Semarang


Ika dina herlina, 7101407288 (2012) Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar atapelajaran ekonomi kelas X SMA Kesatrian 1 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matapelajaran ekonomi kelas X SMA Kesatrian 1 Semarang] Microsoft Word (Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matapelajaran ekonomi kelas X SMA Kesatrian 1 Semarang) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

SMA Kesatrian 1 merupakan salah satu sekolah berstatus RSBI di Semarang yang mempunyai kriteria KKM pada matapelajaran ekonomi yaitu 75. Hasil belajar siswa pada matapelajaran ekonomi masih ada yang di bawah KKM yaitu dari siswa kelas X yang berjumlah 206 siswa terdapat 117 siswa tidak tuntas pada pelajaran ekonomi. Hal ini menyebabkan pihak sekolah harus mengadakan ulangan remidi. Ketidakberhasilan proses pembelajaran ekonomi di SMA Kesatrian 1 Semarang diduga karena adanya faktor intern yaitu intelegensi, bakat, minat, motivasi, kesehatan mental, tipe belajar siswa dan faktor ekstern yaitu guru, faktor alat, kondisi gedung, kurikulum, waktu dan disiplin sekolah, faktor orangtua, suasana rumah, keadaan ekonomi yang menyebabkan kesulitan belajar siswa. Atas pertimbangan tersebut, maka permasalahan dalam penelitian ini adalah faktor – faktor apa sajakah yang menyebabkan kesulitan belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas X SMA Kesatrian 1 Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Kesatrian 1 Semarang yang secara keseluruhan berjumlah 206 siswa. pengambilan Sampel menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 136 siswa yang tersebar dikelas X1 sampai X7. Metode yang digunakan untuk pengambilan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode analisis deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator tipe belajar termasuk kriteria menghambat pelajaran ekonomi . Indikator intelegensi, bakat, minat, motivasi, kesehatan mental, guru, faktor alat, kondisi gedung, kurikulum, waktu dan disiplin sekolah, faktor orangtua, dan suasana rumah termasuk kriteria kurang menghambat pelajaran ekonomi., sedangkan indikator keadaan ekonomi termasuk kriteria tidak menghambat, karena sebagian besar orangtua dari siswa SMA Kesatrian 1 termasuk keluarga dari kelas menengah keatas. Saran dalam penelitian ini adalah bagi siswa hendaknya harus bisa meningkatkan kegiatan belajar setiap hari walaupun tidak ada tugas atau ulangan. Bagi guru hendaknya menerapkan berbagai metode mengajar yang dapat merangsang minat dan motivasi siswa. Orangtua hendaknya memberikan perhatian serta motivasi siswa untuk lebih giat belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan belajar, mata pelajaran ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 10 Jul 2012 08:33
Last Modified: 10 Jul 2012 08:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13264

Actions (login required)

View Item View Item