Pengembangan Model Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan Berwawasan Humanis Siswa Kelas I SDLBC
Syifa Maulina Adzkiya, 2101407040 (2011) Pengembangan Model Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan Berwawasan Humanis Siswa Kelas I SDLBC. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Pengembangan Model Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan Berwawasan Humanis Siswa Kelas I SDLBC)
- Published Version
Download (31kB) |
Abstract
Iklim pembelajaran membaca dan menulis permulaan yang terjadi di SDLBC kurang kondusif. Siswa terlihat tegang dan pasif. Kondisi tersebut berdampak pada kemampuan membaca dan menulis permulaan siswa kurang memuaskan. Pembelajaran berlangsung dengan suasana yang tegang karena siswa terus dijejali dengan materi dan tidak memperhatikan kebutuhan siswa untuk beraktualisasi diri. Oleh karena itu, perlu diterapkan dan dikembangkan model pembelajaran yang menyenangkan dan kodusif sehingga dapat memacu kompetensi siswa dalam membaca dan menulis permulaan serta beraktualisasi diri. Dalam hal ini, peneliti mengembangkan model instruksi langsung pada pembelajaran membaca nyaring kalimat dan menulis kalimat sederhana yang berwawasan humanis. Model instruksi langsung merupakan model pembelajaran yang membantu siswa dengan praktik-praktik terstruktur. Dalam penelitian ini model instruksi langsung dikembangkan menjadi model MMP humanis yang memberi kesempatan kepada siswa berlatih lebih banyak dan beraktualisasi diri. Masalah penelitian ini adalah (1) apa kebutuhan guru dan siswa dalam pembelajaran membaca nyaring dan menulis kalimat sederhana berwawasan humanis, (2) bagaimana desain model MMP humanis yang dikembangkan dalam model pembelajaran membaca nyaring kalimat dan menulis kalimat sederhana berwawasan humanis, (3) bagaimanakah sikap siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model MMP humanis yang telah dikembangkan. Tujuan penelitian ini mengetahui kebutuhan guru dan siswa untuk pembelajaran membaca nyaring dan menulis kalimat sederhana berwawasan humanis siswa kelas I SDLBC, menghasilkan model MMP humanis dalam pembelajaran membaca nyaring dan menulis kalimat sederhana dan mengetahui sikap siswa terhadap model MMP humanis. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori mengenai pembelajaran membaca dan menulis permulaan, pendekatan humanistik, karakteristik siswa tunagrahita, dan model instruksi langsung. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan desain Research and Development (R&D), yakni penelitian yang ditindaklanjuti dengan pengembangan dan pemberlakuan model. Namun, penelitian ini hanya melaksanakan (1) observasi awal, (2) penyusunan draf model pembelajaran, (3) pengembangan model, (4) revisi model, dan (5) pemberlakuan kelas terbatas. Untuk pengumpulan data dipergunakan instrumen (1) analisis kebutuhan guru dan siswa, dan (2) pedoman penilaian uji ahli dan praktisi. Subjek penelitian ini berkaitan dengan kebutuhan model, yakni siswa kelas IC SLB Negeri Semarang yang berjumlah 10 siswa dan 2 guru kelas, sedangkan subjek penelitian pada pemberlakuan kelas terbatas adalah siswa kelas IC SLB Negeri Semarang berjumlah 11 siswa. Berdasarkan analisis dapat diketahui bahwa (1) guru dan siswa membutuhkan model pembelajaran berwawasan humanis, (2) model MMP humanis memiliki sintagmatik, yaitu: menyimak cerita, membaca dan menulis bersama, membaca dan menulis terbimbing, membaca dan menulis mandiri, dan unjuk prestasi, (3) terdapat perubahan sikap siswa setelah pembelajaran membaca nyaring dan menulis kalimat sederhana dengan model MMP humanis. Siswa lebih bertanggung jawab, percaya diri, mandiri, dan jujur. Saran dalam penelitian ini, antara lain (1) guru kelas hendaknya lebih memperhatikan cerita yang akan dibacakan, (2) guru kelas hendaknya lebih memperhatikan bahan ajar, (3) guru kelas hendaknya memilih media yang lebih beragam dan sesuai dengan karakteristik siswa yang memiliki kemampuan motorik yang kurang.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran, membaca dan menulis permulaan, berwawasan humanis. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 10 Jul 2012 03:37 |
Last Modified: | 10 Jul 2012 03:37 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13261 |
Actions (login required)
View Item |