Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi dengan Teknik Latihan Terbimbing menggunakan Media Audio Musikalisasi Puisi
Retna Sari Wahyuningtyas, 2101404565 (2011) Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi dengan Teknik Latihan Terbimbing menggunakan Media Audio Musikalisasi Puisi. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi dengan Teknik Latihan Terbimbing menggunakan Media Audio Musikalisasi Puisi)
- Published Version
Download (31kB) |
Abstract
Berdasarkan observasi awal yang dilakukan penulis, kemampuan membaca puisi siswa kelas VII A MTs. Persiapan Negeri Maos masih rendah. Rendahnya kemampuan siswa dalam membaca puisi disebabkan oleh dua faktor. Pertama, yaitu faktor siswa dan kedua faktor guru. Untuk faktor siswa karena siswa kurang berminat terhadap pembelajaran membaca puisi. Sedangkan faktor guru karena guru kurang kreatif dalam memilih dan menggunakan media pembelajaran. Meneropong keadaan yang demikian, peneliti merasa tertantang untuk mendapatkan jalan keluar permasalahan itu. Salah satu upaya untuk dapat peneliti lakukan untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas VII A MTs. Persiapan Negeri Maos, yaitu dengan menggunakan teknik latihan terbimbing melalui media audio musikalisasi puisi. Berdasarkan uraian di atas, penelitian ini mengkaji dua masalah, yaitu (1) seberapa besar peningkatan kemampuan membaca puisi siswa kelas VII A MTs. Persiapan Negeri Maos Cilacap setelah mendapat pembelajaran menggunakan teknik latihan terbimbing melalui media audio musikalisasi puisi dan (2) bagaimana perubahan minat dan perilaku siswa kelas VII A MTs. Persiapan Negeri Maos berkenaan dengan kemampuan membaca puisi menggunakan teknik latihan terbimbing melalui media audio musikalisasi puisi. Tujuan penelitian adalah (1) mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca puisi siswa kelas VII A MTs. Persiapan Negeri Maos Cilacap setelah mendapat pembelajaran menggunakan teknik latihan terbimbing melalui media audio musikalisasi puisi dan (2) mendeskripsikan perubahan minat dan perilaku siswa kelas VII A MTs. Persiapan Negeri Maos Cilacap berkenaan dengan pembelajaran menggunakan teknik latihan terbimbing melalui media audio musikalisasi puisi Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan dua teknik, yaitu teknik tes dan teknik nontes. Pengumpulan data tes dilakukan dengan pemberian tes membaca puisi pada siswa sedangkan pengumpulan data nontes dilakukan dengan observasi, jurnal, angket check list, wawancara, dan dokumentasi foto. Analisis data tes dilakukan dengan teknik kuantitatif sedangkan data nontes dengan teknik kualitatif. Berdasarkan data tes diketahui bahwa kemampuan membaca puisi siswa mengalami peningkatan dengan digunakan media audio musikalisasi puisi. Peningkatan terlihat dari perolehan nilai rata-rata 68,29 pada siklus I menjadi 78 pada siklus II. Peningkatan nilai rata-rata yang terjadi adalah sebesar 9,71 poin. Peningkatan kemampuan siswa dalam membaca puisi tersebut juga diikuti dengan perubahan perilaku dan minat belajar siswa kearah positif. Siswa menjadi aktif, senang, serius, dan memberikan respon positif terhadap pembelajaran membaca puisi. Simpulan penelitian ini adalah bahwa pembelajaran membaca puisi menggunakan teknik latihan terbimbing dan media audio musikalisasi puisi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca puisi, serta dapat mengubah perilaku dan minat belajar siswa ke arah yang positif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan kepada guru Bahasa Indonesia untuk lebih mengembangkan media pembelajaran agar siswa senang dan mudah menerima pembelajaran. Penggunaan teknik latihan terbimbing dan media audio musikalisasi puisi dalam membaca puisi juga disarankan untuk dipergunakan dalam pembelajaran membaca puisi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan membaca puisi, teknik latihan terbimbing, media audio musikalisasi puisi |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia M Music and Books on Music > M Music |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 10 Jul 2012 03:25 |
Last Modified: | 10 Jul 2012 03:25 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13259 |
Actions (login required)
View Item |