Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Portofolio (Portfolio Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Di SMA N 1 Bergas Tahun Pelajaran 2010/2011


Siti, Sobikha, 7101407232 (2011) Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Portofolio (Portfolio Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Di SMA N 1 Bergas Tahun Pelajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Portofolio (Portfolio Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Di SMA N 1 Bergas Tahun Pelajaran 2010/2011] Microsoft Word (Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Portofolio (Portfolio Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Di SMA N 1 Bergas Tahun Pelajaran 2010/2011) - Published Version
Download (11kB)

Abstract

Hasil belajar merupakan salah satu parameter yang digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan proses belajar mengajar. Salah satu faktor yang mempengauhi hasil belajar adalah model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Hasil observasi awal di SMA Negeri 1 Bergas diperoleh data hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IS masih rendah. Dari 149 siswa kelas XI IS, hanya sekitar 54,66% siswa yang mencapai nilai ketuntasan belajar. Salah satu model pembelajaran yang dijadikan alternatif oleh guru adalah Model Pembelajaran Berbasis Portofolio. Model Pembelajaran Berbasis Portofolio dalam proses pembelajaran dapat melatih siswa berpikir aktif dan kreatif dalam mengorganisasikan gagasan dan menuangkannya dalam portofolio individu mereka seperti menuliskan pengalaman dalam diarinya, sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan Model pembelajaran Berbasis Portofoli terhadap hasil belajar akuntansi di SMA N 1 Bergas tahun pelajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IS SMA N 1 Bergas. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 149. Dengan teknik random sampling diperoleh kelas XI IS 3 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio dan kelas XI IS 4 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan Model Pembelajaran Konvensional. Data diambil dengan teknik tes dan dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian sebelum treatmen menunjukkan nilai rata-rata untuk kelas eksperimen 63,68 dan kelas kontrol 65,32 sedangkan nilai rata-rata post test untuk kelas eksperimen 82,03 dan nilai untuk kelas kontrol 70,03 Hasil Belajar untuk kelas eksperimen meningkat 18,53% dan hasil belajar untuk kelas kontrol meningkat 6,71%. Simpulan dari penelitian ini adalah hasil belajar akuntansi pada pokok bahasan Jurnal penyesuaian perusahaan jasa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis portofolio lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Kesimpulan ini didasarkan dari hasil uji t diperoleh sig (2-tailed) = 0,000 kurang dari taraf signifikan (α) = 0,05 dan nilai thitung = 6,152 > ttabel =1,666 maka Ho ditolak. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis portofolio bisa digunakan sebagai salah satu alternatif usaha perbaikan pembelajaran di sekolah dalam mengefektifkan pembelajaran akuntansi khususnya pada pokok bahasan jurnal penyesuaian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Berbasis Portofolio (Portfolio Based Learning).
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 10 Jul 2012 02:11
Last Modified: 10 Jul 2012 02:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13256

Actions (login required)

View Item View Item