Sikap Siswa Mengenai Mata Diklat Mengatuur Penggandaan dan Pengumpulan Dokumen Kantor di SMK PGRI 01 Semarang


Arif Mustofa, , 7101407203 (2012) Sikap Siswa Mengenai Mata Diklat Mengatuur Penggandaan dan Pengumpulan Dokumen Kantor di SMK PGRI 01 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Sikap Siswa Mengenai Mata Diklat Mengatuur Penggandaan dan Pengumpulan Dokumen Kantor di SMK PGRI 01 Semarang] Microsoft Word (Sikap Siswa Mengenai Mata Diklat Mengatuur Penggandaan dan Pengumpulan Dokumen Kantor di SMK PGRI 01 Semarang) - Published Version
Download (15kB)

Abstract

Sikap memiliki pengaruh kuat terhadap perilaku dan belajar siswa. Apabila sikap siswa menunjukan sikap yang baik maka akan mempengaruhi perilaku dan hasil belajar yang baik demikian juga apabila sikap siswa menunjukan sikap yang tidak baik maka akan mempengaruhi perilaku dan hasil belajar menjadi tidak baik tetapi perilaku yang tidak baik mempengaruhi sikap menjadi tidak baik pula. Di dalam kondisi faktual, nilai siswa menunjukan perilaku dan hasil belajar siswa yang tidak baik atau negatif. Sebesar 47,8 % dari 36 siswa kelas XI AP 1 belum tuntas untuk nilai UAS dan sebesar 45 % dari 40 siswa kelas XI AP 2 belum tuntas untuk nilai UAS. Oleh karena itu peneliti ingin meneliti mengenai sikap siswa administrasi perkantoran mengenai penggandaan dan pengumpulan dokumen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran SMK PGRI 01 Semarang Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan menggunakan angket dalam pengumpulan datanya. Analisis dalam penelitian ini adalah dengan deskriptif persentase melalui pendekatan kualitatif. Hasil penelitian pada sub variabel mengidentifikasi peralatan kantor diperoleh sedikitnya 54,7 % siswa, menunjukan sikap sangat paham mengenai mengidentifikasi peralatan kantor agar sesuai dengan kebutuhan terutama pada tugas mengidentifikasi peralatan kantor dalam tugas penggandaan dokumen mesin. Selain itu, sekitar 64 % siswa, menunjukan sikap sangat senang untuk tugas me nggandakan dokumen kantor sesuai dengan kebutuhan. Namun demikian, hanya ada 40,% siswa, yang terampil dalam tugas identifikasi dokumen kantor dalam tugas pengumpulan dokumen kantor. Pada sub variabel menggandakan dokumen kantor diperoleh sekitar 64 % siswa menunjukan sikap paham dalam tugas menjilid dokumen kantor sesuai kebutuhan.Selain itu sebesar 66,7 % siswa senang dalam melaksanakan tugas penjilidan dokumen kantor sesuai dengan kebuthan dan hal ini mendorong tingkat ketrampilan sisiwa dalam melasanakan penjilidankantor mencapai 64 %. Sedangkan pada sub variabel mengumpulkan dokumen kantor diperoleh sekitar 65 % siswa sangat paham untuk tugas penyimpanan dokumen kantor sesuai standart operasional kantor untuk menjaga integritas dokumen. Sekitar 61,3 % siswa senang untuk menyimpan peralatan dokumen sesuai dengan standart operarasional untuk menjaga integritas dokumen. Selain itu sekitar 60 % siswa sangat terampil dalam melaksanakan penyimpanan dokumen sesuai standart operasional untuk menjaga integritas dokumen. Kesimpulan bahwa siswa administrasi perkantoran di SMK PGRI 01 Semarang menunjukan sikap yang positif mengenai identifikasi peralatan kantor dalamtugas penggandaan dokumen kantor. Namun demikian hanya ada 35,3% siswa, yang senang untuk tugas mendistribusikan dokumen kantor sesuai waktu yang telah ditetapkan. Dari keterangan diatas dapat diperoleh informasi bahwa dengan pemahaman perspektual yang baik akan menciptakan perasan senang dan hal tersebut akan mendorong motivasi siswa dalam melaksanakan tugas dalam mata diklat mengatur penggandaan dan pengumpulan dokumen. Oleh karena itu guru hendaknya menambahkan penjelasan, pengetahuan dan informasi tentang mata diklat mengatur penggandaan dan pengumpulan dokumen kantor terlebih dahulu sehingga daya serap dan pemahaman siswa meningkat. Guru hendaknya menciptakan kondisi siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Kegiatan motivasi dari guru perlu dilakukan untuk mendorong keaktifan siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sikap Siswa, Penggandaan dan Pengumpulan Dokumen.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 10 Jul 2012 02:06
Last Modified: 10 Jul 2012 02:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13255

Actions (login required)

View Item View Item