Efektifitas Metode Pembelajaran Kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dengan Metode Pemberian Tugas Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas Xl IS SMA YASIHA Gubug Tahun Ajaran 2011/2012
Eva Khusnul Amanah, , 7101407085 (2012) Efektifitas Metode Pembelajaran Kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dengan Metode Pemberian Tugas Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas Xl IS SMA YASIHA Gubug Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Efektifitas Metode Pembelajaran Kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dengan Metode Pemberian Tugas Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas Xl IS SMA YASIHA Gubug Tahun Ajaran 2011/2012)
- Published Version
Download (14kB) |
Abstract
Pembelajaran akuntansi pada dasarnya dapat menggunakan berbagai macam metode pembelajaran. Antara lain adalah metode Think-Pair-Share (TPS) dengan pemberian tugas dapat mendorong siswa untuk belajar aktif dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai hasil yang maksimal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) apakah penerapan model pembelajaran TPS dengan pemberian tugas efektif daripada metode konvensional, dan (2) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar akuntansi pokok bahasan jurnal penyesuaian antara penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dengan pemberian tugas, dengan penerapan metode konvensional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui solusi dari permasalahan yang ada. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IS SMA YASIHA Gubug. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol diambil dengan cara diacak atau diundi, terpilih kelas XI IS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IS 2 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi dan dokumentasi. Pengujian hipotesis 1 (H1) menggunakan uji paired sample T-Test, dan (H2) menggunakan uji independent sample T-Test. Berdasarkan hasil uji tahap akhir, diperoleh data berdistribusi normal dan mempunyai varians yang sama (homogen). Pengujian H1 menggunakan paired sample t-test yang menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar antara sebelum dan setelah treatment di kelas eksperimen. Sedangkan pengujian H2 menggunakan independent sample t test yang menunjukkan ada perbedaan hasil belajar lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpukan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share (TPS) dengan pemberian tugas lebih mampu menghasilkan dan meningkatkan hasil belajar akuntansi serta terbukti efektif dengan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar siswa dibandingkan metode pembelajaran konvensional pada kompetensi dasar jurnal penyesuaian perusahaan jasa. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share (TPS) dengan pemberian tugas dapat digunakan sebagai alternatif lain dalam pembelajaran akuntansi untuk meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Think-Pair-Share, Metode Pemberian Tugas, Hasil Belajar Siswa. |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting L Education > LB Theory and practice of education |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 10 Jul 2012 01:03 |
Last Modified: | 10 Jul 2012 01:03 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13251 |
Actions (login required)
View Item |