Mekanisme Tune-up Mesin EFI Toyota Corolla 4A-FE


Eko Novianto, 5250308028 (2012) Mekanisme Tune-up Mesin EFI Toyota Corolla 4A-FE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Mekanisme Tune-up Mesin EFI Toyota Corolla 4A-FE] Microsoft Word (Mekanisme Tune-up Mesin EFI Toyota Corolla 4A-FE) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Perkembangan teknologi pada saat ini sudah mengalami banyak perubahan terutama dalam bidang otomotif baik pada kendaraan roda dua maupun roda empat. Di antara kemajuan yang ada adalah pada sistem EFI (Electronic Fuel Injection), sistem EFI merupakan pengganti dari sistem karburator. Sistem EFI menentukan jumlah campuran antara udara dan bahan bakar yang ideal sesuai kebutuhan dari mesin itu sendiri. Dalam sistem EFI terdiri dari beberapa sistem yaitu sistem kontrol elektronik atau ECU (Electronic Control Unit), Sistem aliran bahan bakar, dan sistem induksi udara. Mesin EFI Toyota Corolla 4A-FE adalah mesin yang dilengkapi dengan Toyota Computer Controlled System (TCCS) yang mana fungsinya tidak hanya mengontrol volume bahan bakar yang diinjeksikan tetapi juga termasuk mengontrol secara sentral Integrated Ignition Assembly (IIA), untuk mengatur ignition timing, Idle Speed Controlled (ISC), yang lainnya seperti diagnostic dan fungsi fail-safe.Permasalahannya adalah bagaimana mekanisme tune-up pada mesin EFI Toyota Corolla 4A-FE. Pekerjaan tune-up ini termasuk dalam pemeriksaan berkala, mencakup pekerjaan pembersihan, perbaikan, penyetelan, pengetesan ataupun mengganti komponen-komponen tertentu. Pemeriksaan gangguan pada sistem kontrol elektronik dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan menggunakan alat scan kendaraan (scan tool) dan dengan cara menghubungkan (dengan kabel jamper) terminal E1 dan TE1 pada Data Link Connector (DLC) dengan membaca kode kerusakan pada kedipan lampu kesalahan Malfunction Indicator Lamp (MIL). Pada hasil pemeriksaan tidak ada sensor-sensor yang terdeteksi kerusakan oleh scan tool.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Electronic Fuel Injection (EFI), Electronic Control Unit (ECU), Tune-up.
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin, D3
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 09 Jul 2012 21:17
Last Modified: 09 Jul 2012 21:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13245

Actions (login required)

View Item View Item