Peningkatan Prestasi Belajar Kompetensi melakukan Pekerjaan dengan Mesin Bubut mempergunakan Jobsheet Hasil Pengembangan pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin
Jumargo, 5201407049 (2011) Peningkatan Prestasi Belajar Kompetensi melakukan Pekerjaan dengan Mesin Bubut mempergunakan Jobsheet Hasil Pengembangan pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Peningkatan Prestasi Belajar Kompetensi melakukan Pekerjaan dengan Mesin Bubut mempergunakan Jobsheet Hasil Pengembangan pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin)
- Published Version
Download (26kB) |
Abstract
Jobsheet adalah pemandu atau pegangan praktikan dalam mempelajari dan menguasai salah satu kompetensi yang diajarkan oleh pendidik. Pada Praktik Permesinan penggunaan jobsheet hanya sebatas gambar kerja saja, sehingga mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan job kompetensi permesinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar kompetensi melakukan pekerjaan dengan mesin bubut mempergunakan jobsheet hasil pengembangan pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang.. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah mahasiswa PTM Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang peserta mata kuliah praktik permesinan yang terdiri dari 117 mahasiswa. Sampel yang digunakan adalah 30 mahasiswa rombel 2 sebagai kelas kontrol dan 28 mahasiswa rombel 4 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan tes dan observasi, analisis data dengan teknik deskripsi analitik. Hasil analisis data mendapatkan bahwa peningkatan kompetensi mahasiswa melakukan pekerjaan dengan mesin bubut mempergunakan jobsheet biasa adalah dari semula ‘cukup kompeten’ menjadi ‘kompeten’, sedangkan pembelajaran mempergunakan jobsheet hasil pengembangan adalah dari semula ‘cukup kompeten’ menjadi ‘sangat kompeten’. Penggunaan jobsheet hasil pengembangan meningkatkan rata-rata nilai hasil belajar sebesar 10,60 sedangkan pembelajaran jobsheet biasa hanya meningkatkan 5,77 sehingga peningkatan kompetensi mahasiswa melakukan pekerjaan dengan mesin bubut yang mempergunakan jobsheet hasil pengembangan lebih baik dibandingkan hasil belajar menggunakan jobsheet biasa. Saran yang dikemukakan adalah sebaiknya untuk mata kuliah praktik maupun teori-praktik yang lain menggunakan jobsheet yang lengkap untuk membantu mahasiswa dalam memahami materi yang diberikan oleh dosen.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | mesin bubut, jobsheet, kompetensi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 09 Jul 2012 20:45 |
Last Modified: | 09 Jul 2012 20:45 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13235 |
Actions (login required)
View Item |