Gambaran Risiko Kesehatan Pada Pekerja Bagian Penggergajian Mesin (PGM) Perum Perhutani Kesatuan Bisnis Mandiri (KBM) Industri Kayu Brumbung Demak Tahun 2012,


Muchammad Nugrahanto, 6450407095 (2012) Gambaran Risiko Kesehatan Pada Pekerja Bagian Penggergajian Mesin (PGM) Perum Perhutani Kesatuan Bisnis Mandiri (KBM) Industri Kayu Brumbung Demak Tahun 2012,. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Faktor lingkungan fisik dan kimia di tempat kerja yang tidak sesuai NAB, dapat menyebabkan risiko kesehatan bagi pekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran risiko kesehatan pada pekerja bagian Penggergajian Mesin (PGM) Perum Perhutani Kesatuan Bisnis Mandiri (KBM) Industri Kayu Brumbung Demak Tahun 2012. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik observasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 90 orang. Sampel berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi berjumlah 38 orang. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah sound level meter, vibration meter, lux meter, questemp, personal dust sampler, dan kuesioner. Analisis data dilakukan secara univariat dengan menampilkan data distribusi frekuensi. Hasil penelitian pada bagian PGM menunjukkan bahwa kebisingan menyebabkan tinitus, vertigo, gangguan komunikasi, kelelahan kerja ringan, dan kelelahan kerja sedang. Getaran menyebabkan nyeri pada lengan, kelelahan kerja ringan, dan kelelahan kerja sedang. Penerangan yang buruk menyebabkan kelelahan kerja ringan dan sedang. Tekanan panas menyebabkan kelelahan kerja ringan dan sedang. Paparan debu menyebabkan restriksi ringan, sedang, dan berat. Disarankan bagi perusahaan hendaknya melakukan pemeriksaan kesehatan pekerja secara berkala dan rutin, pemberian penyuluhan kepada pekerja tentang kesehatan dan keselamatan kerja, penyediaan APD, pemberian sanksi yang tegas bagi pekerja yang tidak menggunakan APD. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian lanjutan dengan mengubah faktor risiko yang diteliti, sehingga dapat diketahui potensi risiko kesehatan yang disebabkan faktor lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Faktor Lingkungan Fisik, Faktor Lingkungan Kimia, Risiko Kesehatan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 09 Jul 2012 06:14
Last Modified: 09 Jul 2012 06:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13213

Actions (login required)

View Item View Item