Kontribusi Media Pembelajaran Interaktif Program Macromedia Flash Profesional 8 untuk Membantu Meningkatkan Pemahaman Konsep Pembiasan Cahaya pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mijen Demak Tahun 2008/2009.
Eko Bambang Saputro, 4201405009 (2009) Kontribusi Media Pembelajaran Interaktif Program Macromedia Flash Profesional 8 untuk Membantu Meningkatkan Pemahaman Konsep Pembiasan Cahaya pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mijen Demak Tahun 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Kontribusi Media Pembelajaran Interaktif Program Macromedia Flash Profesional 8 untuk Membantu Meningkatkan Pemahaman Konsep Pembiasan Cahaya pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mijen Demak Tahun 2008/2009.)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Fisika merupakan cabang ilmu yang lebih banyak memerlukan pemahaman daripada penghafalan. Dalam mengajarkan pokok bahasan pembiasan cahaya, terdapat kendala yang mendasar di SMA Negeri 1 Mijen Demak, yaitu visualisasi tentang jalannya sinar pada peristiwa pembiasan. Oleh karena itu untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika perlu dilakukan terobosan baru dalam menyajikan pokok bahasan ini, salah satunya adalah dengan menggunakan media pembelajaran interaktif. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah media pembelajaran interaktif mampu meningkatkan pemahaman konsep pembiasan cahaya? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi media pembelajaran interaktif terhadap peningkatkan pemahaman konsep pembiasan cahaya. Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana masing-masing siklus meliputi 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam PTK ini adalah siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Mijen Demak Tahun 2008/2009. Adapun hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata adalah 63,07 dan ketuntasan klasikal 64,10 %. Setelah siklus II, nilai rata-rata adalah 74,10 dan ketuntasan klasikal menjadi 92,31 %. Dari hasil uji t diperoleh nilai thitung sebesar 4,66 dan ttabel sebesar 1,68. Nilai thitung > ttabel, berarti terjadi peningkatan yang signifikan untuk pemahaman siswa dari siklus I ke siklus II. Secara keseluruhan media pembelajaran yang dihasilkan layak digunakan sebagai media belajar interaktif dengan kualifikasi baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif dapat meningkatkan pemahaman konsep pembiasan cahaya pada kelas X-1 SMA Negeri 1 Mijen Demak Tahun 2008/2009. Sehingga diharapkan media pembelajaran interaktif dijadikan sebagai sarana penunjang kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran interaktif, pemahaman konsep, pembiasan cahaya |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 12 Apr 2011 04:07 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:22 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1321 |
Actions (login required)
View Item |