Pola pembinaan prestasi olahraga bola voli pada klub bola voli Bahurekso Kabupaten Kendal Tahun 2011


Yaenal Lutfi, 6101407214 (2011) Pola pembinaan prestasi olahraga bola voli pada klub bola voli Bahurekso Kabupaten Kendal Tahun 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pola pembinaan prestasi olahraga bola voli pada klub bola voli  Bahurekso Kabupaten Kendal Tahun 2011] Microsoft Word (Pola pembinaan prestasi olahraga bola voli pada klub bola voli Bahurekso Kabupaten Kendal Tahun 2011) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Bola voli adalah permainan tim, maka di dalam suatu tim diperlukan adanya suatu kerjasama yang baik, diperlukan juga kemampuan yang menunjang dari tiap individu dalam tim tersebut. Pembinaan olahraga merupakan faktor yang sangat penting dalam memajukan dunia olahraga sekarang ini, Dikarenakan berkembang tidaknya dunia olahraga itu tergantung pada pembinaan olahraga itu sendiri. Dari latar belakang yang di kemukakan, maka fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pembinaan olahraga bola voli yang ada di Klub bola voli Bahurekso Kendal dalam meningkatkan prestasi, Dari program latihan, sarana dan prasarana, pelatih, cara perekrutan dan pendanaan seta organisasinya. Tujuan dalam penelitian ini adalah utuk mengetahui pola pembinaan prestasi pada klub bola voli Bahurekso Kendal. Obyek dalam penelitian ini adalah pembinaan prestasi olahraga bola voli di Klub Bahurekso Kendal. Subyek dalam penelitian ini adalah manajer atau pelatih klub, dan atlet sejumlah 30 orang yaitu 13 atlet putra dan 17 atlet putri. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Prosedur dalam penelitian ini analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, bahwa dalam proses kepengurusan di klub Bahurekso belum terlaksana dengan baik. Pembinaan prestasi yang dilakukan di Klub Bahurekso tidak melalui perencanaan dan pembuatan program secara tertulis belum adanya program latihan harian, program latihan bulanan, dan program latihan tahunan. Pelatih hanya mengkonsep program yang akan di berikan kepada atlet. Sarana dan prasarana di klub Bahurekso menggunakan lapangan bola voli ukuran standar sebagai tempat latihan yaitu lapangan bola voli di Gor (indoor) dan masih menyewa. Organisasi Klub Bahurekso Kendal belum berjalan dengan baik, karena tidak adanya reorganisasi dalam kepengurusan. Minimnya dana yang di miliki klub, pendanaan dalam pembinaan prestasi sebagian besar masih menggunakan dana iuran suka rela atlet tiap bulan dan suka rela dari pengurus ataupun pelatih. Simpulan dari penelitian yang dilakukan adalah bahwasanya kegiatan pembinaan yang dilakukan di klub bola voli Bahurekso Kendal belum terprogram dengan baik. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti adalah bagi atlet, pelatih atau manager adalah : 1). Menambah frekuensi latihan yang sudah ada, 2). Meningkatkan dan memelihara sarana dan prasarana penunjang kegiatan olahraga bola voli yang saat ini telah ada, 3). Meningkatkan kerjasama dengan instansi lainnya dalam rangka mencari sumber dana dalam rangka pembiayaan, khususnya pada olahraga bola voli di klub Bahurekso, 4). Meningkatkan SDM (sumber daya manusia) pembina kegiatan olahraga bola voli di Klub Bahurekso Kendal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 09 Jul 2012 01:58
Last Modified: 09 Jul 2012 01:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13195

Actions (login required)

View Item View Item