Efektivitas Iklan Kartu Seluler Menggunakan Media Televisi, Majalah Dan Papan Reklame Pada Remaja Di Kota Klaten


INDRA PRAMUDITA , 3352402105 (2009) Efektivitas Iklan Kartu Seluler Menggunakan Media Televisi, Majalah Dan Papan Reklame Pada Remaja Di Kota Klaten. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Iklan Kartu Seluler Menggunakan Media Televisi, Majalah Dan Papan Reklame Pada Remaja Di Kota Klaten..]
Preview
PDF (Efektivitas Iklan Kartu Seluler Menggunakan Media Televisi, Majalah Dan Papan Reklame Pada Remaja Di Kota Klaten..) - Published Version
Download (866kB) | Preview

Abstract

Iklan merupakan salah satu instrumen pemasaran moderen yang aktivitasnya didasarkan pada konsep komunikasi. Karena merupakan bentuk komunikasi maka keberhasilannya dalam mendukung program pemasaran merupakan pencerminan dari keberhasilan komunikasi. Agar komunikasi efektif dan mencapai sasaran maka hal yang harus diperhatikan adalah penggunaan media iklan yang tepat. Dengan semakin banyaknya jumlah pesaing di pasar, meningkat pula ketajaman persaingan di antara produsen kartu seluler yang beroperasi di pasar dan hanya produsen yang berkomunikasi secara lebih efektiflah yang akan tetap mampu bersaing, merebut, dan menguasai pasar. Karena itu, pengetahuan tentang elemen-elemen efektivitas iklan dan pengukurannya sangat diperlukan untuk menyusun langkah strategis dalam meningkatkan eksistensi produk kartu seluler yang diiklankan perusahaan yang akhirnya dapat meningkatkan profitabilitas perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektivitas iklan kartu seluler menggunakan media televisi, majalah dan papan reklame dilihat dari variabel kesadaran (awareness), pengetahuan (knowledge), kesukaan (liking), preferensi (preference), keyakinan (conviction) dan pembelian (purchase). Penelitian dilakukan di kota Klaten, yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah semua remaja yang berada atau berdomisili di kota Klaten yang melihat iklan kartu seluler di televisi, majalah dan papan reklame. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden secara accidental sampling. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner. Untuk keperluan analisis, dilakukan pengujian validitas instrumen, pengujian reliabilitas dan pengujian hipotesis. Dalam pengujian validitas terbukti bahwa semua butir instrumen adalah valid karena semua nilai r hitung yang dihasilkan melampaui r tabel = 0,361 dan semua kriteria yang telah ditentukan oleh penulis terdapat dalam butir-butir pertanyaan yang diserahkan pada responden. Dalam hal pengujian reliabilitas ketiga variabel yang masing-masing bernilai 0,558 dan 0,805 serta 0,786 dapat dianggap reliabel karena telah memenuhi kriteria penilaian yang ditentukan. Sedangkan dalam pengujian hipotesis terbukti bahwa dari hasil penelitian diperoleh efektivitas iklan kartu seluler menggunakan media televisi pada remaja di kota Klaten (27,77%) kurang efektif, sehingga hipotesis 1 yang menyatakan “Diduga efektivitas iklan kartu seluler menggunakan media televisi pada remaja di kota Klaten cukup efektif” tersebut ditolak. Dari hasil penelitian diperoleh efektivitas iklan kartu seluler menggunakan media majalah pada remaja di kota Klaten (18,96%) kurang efektif, sehingga hipotesis 2 yang menyatakan “Diduga efektivitas iklan kartu seluler menggunakan media majalah pada remaja di kota Klaten kurang efektif” tersebut diterima. Dari hasil penelitian diperoleh efektivitas iklan kartu seluler menggunakan media papan reklame pada remaja di kota Klaten (19,09%) kurang efektif, sehingga hipotesis 3 yang menyatakan “Diduga efektivitas iklan kartu seluler menggunakan media papan reklame pada remaja di kota Klaten kurang efektif” tersebut diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil simpulan bahwa efektivitas iklan kartu seluler menggunakan media televisi, majalah dan papan reklame di kota Klaten menunjukan hasil yang kurang efektif. Hal ini karena elemen-elemen efektivitas iklan yang terdiri dari elemen kesadaran (awareness), pengetahuan (knowledge), suka (liking), preferensi (preference), dan keyakinan (conviction), serta pembelian (purchase) masih rendah. Oleh karena itu penulis menyarankan agar perusahaan memperbaiki kekurangan dan kelemahan yang ada pada elemen-elemen efektivitas iklan kartu seluler tersebut, sehingga kegiatan iklan kartu seluler yang dilakukan perusahaan menjadi lebih efektif. Dengan cara meningkatkan kegiatan promosi dan periklanan untuk meningkatkan kesadaran merek. Merancang pesan iklan yang lebih informatif sehingga pengetahuan khalayak akan iklan kartu seluler tersebut terbentuk. Meningkatakan dan memperbaiki kualitas produk dan strategi produk untuk membangun rasa suka khalayak secara lebih baik. Menerapkan program relationship marketing, yaitu menjaga hubungan dan kedekatan yang saling menguntungkan, memberikan pelayanan ekstra atau gratis dan hadiah kepada konsumen untuk memikat preferensi serta keyakinan khalayak. Meningkatkan kualitas produk dan layanan produk kartu seluler itu sendiri sehingga konsumen melakukan pembelian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Apr 2011 02:34
Last Modified: 25 Apr 2015 04:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1314

Actions (login required)

View Item View Item