Pembinaan Prestasi Olahraga Anggar Bahurekso Kendal Fencing Club 2009


Krisna Murtiyanto, 6250405016 (2009) Pembinaan Prestasi Olahraga Anggar Bahurekso Kendal Fencing Club 2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pembinaan Prestasi Olahraga Anggar Bahurekso Kendal Fencing Club 2009] Microsoft Word (Pembinaan Prestasi Olahraga Anggar Bahurekso Kendal Fencing Club 2009) - Published Version
Download (27kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pembinaan prestasi olahraga anggar di Bahurekso Kendal Fencing Club di Kabupaten Kendal yang meliputi program latihan, kualitas pelatih, keadaan organisasi, sarana dan prasarana serta dana yang digunakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pembinaan prestasi olahraga anggar di Kabupaten Kendal yang meliputi kualitas pelatih, keadaan organisasi dan kepengurusan, sarana dan prasarana serta dana pembinaan prestasi olahraga anggar di Bahurekso Kendal Fencing Club di Kabupaten Kendal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif naturalistic dengan lokasi penelitian di klub anggar Bahurekso Kendal Fencing Club. Sumber data berupa (1) person, yaitu: pengurus, pelatih dan atlet, (2) place, yaitu: lapangan atau tempat latihan anggar, (3) paper, yaitu: program latihan, jadwal latihan, dan lain-lain. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Pogram latihan untuk pembinaan prestasi olahraga anggar di Bahurekso Kendal Fencing Club cukup baik, (2) Kualitas pelatih yang dimiliki klub ini cukup baik walaupun kurang, (3) Keadaan organisasi yang dilaksanakan oleh pengurus-pengurusnya terkoordinir dengan baik, bersifat sederhana, kekeluargaan dan keterbukaan. (3) Sarana dan prasarana yang dimiliki sudah cukup memadai walau masih ada kekurangan. (4) Dana klub Bahurekso Kendal Fencing Club berasal dari APBD Kabupaten Kendal, Kemenegpora Jakarta, bantuan KONI, bantuan swasta dan sponsor, donatur atau penyandang dana, iuran pegurus serta pelatih dan berimprovisasi dengan pihak-pihak lainnya. Saran yang dapat diberikan untuk Bahurekso Kendal Fencing Club yaitu : (1) Meningkatkan pembinaan prestasi salah satunya dengan melalui pembinaan yang kontinyu dan massal. (2) Kepengurusan klub dengan KONI serta pihak-pihak lain lebih ditingkatkan lagi. (3) Meningkatkan kerjasama dengan instansi maupun pihak-pihak lain dalam rangka menggali dana. (4) Pelatih, sarana dan prasarana perlu ditambah dan dilengkapi lagi, (4) Olahraga anggar supaya lebih diperkenalkan lagi secara luas di Kabupaten Kendal serta (5) Prestasi terus dikembangkan dan ditingkatkan agar tercapai hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, Prestasi, Olahraga Anggar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 06 Jul 2012 22:45
Last Modified: 06 Jul 2012 22:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13135

Actions (login required)

View Item View Item