Implementasi Problem Based Learning Melalui Metode Praktikum Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa


I Fitriyani, 4201408090 (2012) Implementasi Problem Based Learning Melalui Metode Praktikum Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Implementasi Problem Based Learning Melalui Metode Praktikum Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa] Microsoft Word (Implementasi Problem Based Learning Melalui Metode Praktikum Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa) - Published Version
Download (26kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar perubahan berpikir kritis pada implementasi model Problem Based Learning melalui metode praktikum dibandingkan dengan model Problem Based Learning melalui diskusi. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain control group pre test-post test design. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Data kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh dengan teknik tes yang berupa tes uraian. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa implementasi model Problem Based Learning melalui metode praktikum pada siswa SMA Negeri 1 Welahan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan hasil 15% siswa memiliki kemampuan berpikir sangat kritis, 75% memiliki kemampuan berpikir kritis, psikomotorik siswa memiliki rerata sebesar 78,8 dalam kategori aktif, dan afektif siswa memiliki rerata sebesar 69 yang termasuk dalam kategori baik. Selain itu, berdasarkan uji gain diperoleh hasil bahwa kelas eksperimen mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis kategori tingkat sedang, sedangkan kelas kontrol mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis kategori tingkat rendah. Hal ini menunjukkan bahwa model Problem Based Learning melalui metode praktikum lebih mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan dengan modelProblem Based Learning melalui metode diskusi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, metode praktikum, berpikir kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 06 Jul 2012 06:37
Last Modified: 06 Jul 2012 06:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13113

Actions (login required)

View Item View Item