Kompresi Data dengan Menggunakan Algoritma Huffman


R Mustofa, 4150407019 (2012) Kompresi Data dengan Menggunakan Algoritma Huffman. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kompresi Data dengan Menggunakan Algoritma Huffman] Microsoft Word (Kompresi Data dengan Menggunakan Algoritma Huffman) - Published Version
Download (26kB)

Abstract

Kompresi data adalah sebuah cara untuk memperkecil ukuran data sehingga dapat menghemat penggunaan media penyimpanan. Tujuan dari proses kompresi data adalah untuk menjadikan ukuran data lebih kecil dari aslinya. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan transformasi atau perubahan antara data asli dengan data hasil kompresi. Hasil transformasi tersebut biasanya berbentuk sesuatu yang cukup berbeda dengan data asalnya dan untuk mendapat datanya kembali diperlukan beberapa data yang berkaitan dengan data aslinya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi pustaka. Studi pustaka dilakukan dengan mengkaji sumber-sumber pustaka yang berkaitan dengan graf, pohon, dan pohon biner. Kompresi data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan algoritma Huffman. Dalam pemakaian algoritma Huffman untuk kompresi data dimulai dengan pembentukan kode huruf dan frekuensi kemudian encoding dan decoding. Proses encoding merupakan kode yang dibentuk berdasarkan frekuensi kekerapan yang muncul untuk suatu pesan sumber. Pesan sumber dengan kekerapan lebih besar akan memiliki kode yang lebih pendek dibandingkan pesan sumber dengan kekerapan kecil. Pembentukan kode Huffman dimulai dengan membentuk suatu pohon Huffman yang akan membantu dalam pembuatan kode Huffman. Proses ini dilanjutkan dengan melakukan proses encoding terhadap pesan sumber tersebut sesuai dengan kode Huffman yang ada. Setelah tersampaikan, proses decoding dilakukan agar pesa sumber dapat dibaca kembali. Selain itu juga akan digunakan program C++ untuk melakukan pengkompresian suatu pesan sumber. Proses transformasi dalam proses kompresi data dapat dianalogikan dengan proses enkripsi, begitu pula dengan proses dekompresi data dapat dianalogikan dengan proses deskripsi. Proses enkripsi dan deskripsi digunakan untuk mengamankan suatu informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa mengetahui kuncinya. Sedangkan kunci sangat dibutuhkan algoritma Huffman untuk melakukan kompresi. Dengan adanya peningkatan keamanan dalam menyampaikan hasil kompresi data dengan menggunakan algoritma Huffman maka enkripsi dan deskripsinya diaplikasikan dengan menggunakan sebuah sandi pramuka yaitu sandi AZ. Pesan sumber yang berupa kata ULILALBAB jika dikompresi menggunakan algoritma Huffman akan menghasilkan 20 bit sedangkan menggunakan sistem pengkodean ASCII menghasilkan 72 bit. Jadi skema pengkodean menggunakan algoritma Huffman dapat menghasilkan suatu sandi dengan perbandingan 27,7% dari sandi yang dihasilkan dengan sistem pengkodean ASCII.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompresi Data, Algoritma Huffman, Enkripsi, Diskripsi
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 06 Jul 2012 06:21
Last Modified: 06 Jul 2012 06:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13108

Actions (login required)

View Item View Item