Pengaruh Konsentrasi Matrium Benzoat dan Lama Penyimpanan Pada Kadar Fenolat Total Dalam Pasta Tomat


Nurhayati Febriani Mukti, 4350407026 (2012) Pengaruh Konsentrasi Matrium Benzoat dan Lama Penyimpanan Pada Kadar Fenolat Total Dalam Pasta Tomat. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Konsentrasi Matrium Benzoat dan Lama Penyimpanan Pada Kadar Fenolat Total Dalam Pasta Tomat] Microsoft Word (Pengaruh Konsentrasi Matrium Benzoat dan Lama Penyimpanan Pada Kadar Fenolat Total Dalam Pasta Tomat) - Published Version
Download (24kB)

Abstract

Buah tomat (Lycopersicum esculentum Mill) sering dijadikan salah satu bahan baku untuk pembuatan pasta tomat karena selain buahnya enak, buah tomat juga mengandung antioksidan seperti vitamin C, betakaroten, senyawa fenolat dan senyawa karotenoid baik bagi tubuh kita. Pengawet perlu ditambahkan untuk mempertahankan kadar fenolat total dalam pasta tomat. Salah satu bahan pengawet yang sering digunakan dalam makanan adalah Natrium Benzoat dengan ambang batas 1000 mg/L. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh lama penyimpanan dan penambahan Natrium Benzoat pada kadar fenolat total dalam pasta tomat. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji pengaruh perlakuan lama penyimpanan dan penambahan Natrium Benzoat pada kadar fenolat total dalam pasta tomat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Folin Ciocalteu dan pengukurannya menggunakan Spektrofotometer UV-Vis. Variabel penelitian terdiri dari variabel terikat yaitu kadar fenolat total dan Variabel bebas yaitu lama penyimpanan (0, 2, 4, 6, dan 8 minggu) dan penambahan Natrium Benzoat (400, 600, dan 800 ppm) pada pasta tomat. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini uji t dan anava dua jalan. Hasil penelitian menunjukkan lama penyimpanan (0, 2, 4, 6 dan 8) berpengaruh signifikan pada kadar fenolat total dalam pasta tomat, sedangkan pada penambahan Natrium Benzoat (400, 600 dan 800 ppm) tidak berpengaruh signifikan pada kadar fenolat total dalam pasta tomat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fenolat, Pasta tomat, Metode Folin Ciocalteu, Spektrofotometer UV-Vis
Subjects: Q Science > QD Chemistry
T Technology > TP Chemical technology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 06 Jul 2012 06:08
Last Modified: 06 Jul 2012 06:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13105

Actions (login required)

View Item View Item