Uji Aktivitas Katalis Ni-Mo/Zeolit Pada Reaksi Hidrorengkah Fraksi Sampah Plastik (Polietilen)


Kuguh Daryoso, 4350407009 (2012) Uji Aktivitas Katalis Ni-Mo/Zeolit Pada Reaksi Hidrorengkah Fraksi Sampah Plastik (Polietilen). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Uji Aktivitas Katalis Ni-Mo/Zeolit  Pada Reaksi Hidrorengkah Fraksi Sampah Plastik (Polietilen)] Microsoft Word (Uji Aktivitas Katalis Ni-Mo/Zeolit Pada Reaksi Hidrorengkah Fraksi Sampah Plastik (Polietilen)) - Published Version
Download (27kB)

Abstract

Telah dilakukan uji aktivitas katalis NiMo/Zeolit pada reaksi hidrorengkah fraksi sampah plastik dari jenis polietilen (HDPE). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas katalis Ni-Mo/ZA terhadap reaksi hidrorengkah sampah polietilen. Penelitian ini mempelajari pengaruh rasio massa katalis/ umpan dan temperatur reaksi hidrorengkah. Katalis dipreparasi dengan prosedur sebagai berikut : aktivasi dengan asam dan garam (HF 1%, HCl 6M, dan NH4Cl 1N), kalsinasi dengan N2, oksidasi dengan O2, dan terakhir reduksi dengan H2. Selanjutnya Ni dan Mo diembankan dengan urutan : Mo lebih dulu, selanjutnya Ni (perbandingan logam Ni:Mo 1:2). Karakterisasi katalis meliputi penentuan luas permukaan dengan metode BET, penentuan jumlah situs asam total dengan metode gravimetri, penentuan distribusi logam bimetal Ni-Mo dengan Spektrofotometer Serapan Atom (SSA). Sampah plastik polietilen diumpan pada proses pirolisis pada suhu 5500C sambil dialiri gas N2. Proses hidrorengkah dilakukan dalam flow-fixed bed reactor dengan variasi rasio massa katalis / umpan 1 : 4 ; 2 : 4 ; 3 : 4, temperatur operasi juga divariasi pada 350oC, 400oC, 450oC, 500oC, 550oC selama 2 jam. Produk Cairan hasil hidrorengkah ditampung dan dianalisis dengan GC dan GC-MS. Analisis data menunjukkan aktivitas katalis terbesar adalah Ni-Mo/ZA pada temperatur 500oC yang menghasilkan konversi sebesar 1,334%. Analisis GC-MS menunjukkan bahwa produk cair hidrorengkah pada temperatur optimum memiliki komposisi senyawa kimia yang terdiri atas Etanal, 2-Propanon dan 3-Metil-2-Pentanon. Untuk mengetahui kualitas produk hasil perengkahan perlu pengujian lebih lanjut sehingga produk hidrorengkah dapat diaplikasikan secara langsung.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ni-Mo/ZA; hidrorengkah;polietilen; GC; GC-MS
Subjects: Q Science > QD Chemistry
T Technology > TP Chemical technology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 06 Jul 2012 06:00
Last Modified: 06 Jul 2012 06:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13102

Actions (login required)

View Item View Item