Penerapan Model Kooperatif Think Pair Share dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar pada Materi Pengelolaan Lingkungan di SMP 2 Bulakamba


Sri Mulyani, , 4401407094 (2011) Penerapan Model Kooperatif Think Pair Share dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar pada Materi Pengelolaan Lingkungan di SMP 2 Bulakamba. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Model Kooperatif Think Pair Share dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar pada Materi Pengelolaan Lingkungan di SMP 2 Bulakamba] Microsoft Word (Penerapan Model Kooperatif Think Pair Share dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar pada Materi Pengelolaan Lingkungan di SMP 2 Bulakamba) - Published Version
Download (15kB)

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran biologi diketahui pembelajaran bersifat teacher centered learning, aktivitas siswa dalam proses pembelajaran perlu ditingkatkan karena kurangnya keberanian siswa untuk mengungkapkan pendapat dan motivasi belajar siswa yang masih kurang sehingga siswa hanya belajar jika ada tugas atau hendak ulangan, kegiatan kelompok yang dilakukan belum berjalan dengan baik dan belum ada kerjasama yang baik antar anggota kelompok sehingga hasil belajar siswa belum optimal. Untuk itu perlu dicoba untuk menerapkan model kooperatif TPS dengan pendekatan JAS. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa SMP 2 Bulakamba pada materi pengelolaan lingkungan melalui penerapan model kooperatif TPS dengan pendekatan JAS. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 9 sampai 25 Mei 2011. Populasi penelitian ini terdiri atas 9 kelas yaitu VII A sampai VII I dengan jumlah siswa sebanyak 374 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan terpilih kelas VII A, VII B, dan VII D. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-test and post-test group design. Data diperoleh dengan menganalisis penilaian aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran, nilai pre-test dan post-test, nilai akhir, angket tanggapan siswa, lembar kinerja guru dan angket tanggapan guru. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa dalam kriteria aktif dan sangat aktif. Hasil belajar siswa kelas VII A, VII B, dan VII D menunjukkan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 100%. Prosentase jumlah siswa yang mencapai hasil belajar optimal (≥ 70) berturut-turut dari kelas VII A, VII B, dan VII D adalah sebesar 87,5%, 80,0%, dan 83,7%. Siswa mengalami peningkatan pengetahuan materi pengelolaan lingkungan melalui penerapan model kooperatif TPS dengan pendekatan JAS. Siswa memberi tanggapan yang positif, kinerja guru termasuk kriteria baik dan sangat baik, dan guru memberi tanggapan yang positif terhadap pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulan bahwa model kooperatif TPS dengan pendekatan JAS dapat diterapkan pada materi Pengelolaan Lingkungan di SMP 2 Bulakamba untuk mengoptimalkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar, hasil belajar, model kooperatif TPS dengan pendekatan JAS, pengelolaan lingkungan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Jul 2012 07:08
Last Modified: 05 Jul 2012 07:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13066

Actions (login required)

View Item View Item