Efektivitas Media Crossword Puzzle (Teka-Teki Silang) Pada Materi Perkembangan Negara-Negara Kerajaan Islam Di Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS Semester Ganjil SMA Negeri 1 Tengaran


Riris Ditalia, 3101407040 (2012) Efektivitas Media Crossword Puzzle (Teka-Teki Silang) Pada Materi Perkembangan Negara-Negara Kerajaan Islam Di Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS Semester Ganjil SMA Negeri 1 Tengaran. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Media Crossword Puzzle (Teka-Teki Silang) Pada Materi Perkembangan Negara-Negara Kerajaan Islam Di Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS Semester Ganjil SMA Negeri 1 Tengaran] Microsoft Word (Efektivitas Media Crossword Puzzle (Teka-Teki Silang) Pada Materi Perkembangan Negara-Negara Kerajaan Islam Di Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS Semester Ganjil SMA Negeri 1 Tengaran) - Published Version
Download (56kB)

Abstract

Salah satu faktor yang mempunyai pengaruh cukup besar dalam pencapaian hasil belajar adalah cara mengajar guru. Saat dilakukan pra penelitian pada umumnya siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Tengaran kurang antusias dalam mengikuti pelajaran, hanya siswa tertentu yang terlihat aktif dan masih ada yang lalai dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru. Guru dalam proses belajar mengajar tidak terlepas dari penggunaan model pembelajaran konvensional. Penerapan model pembelajaran konvensional yang mempunyai kelemahan dalam membuat siswa aktif dapat diatasi dengan penggunaan media dalam proses belajar mengajar. Pada penelitian ini penerapan media crossword puzzle (teka-teki silang) digunakan untuk mengulang pelajaran Sejarah. Media crossword puzzle ini melatih siswa untuk meningkatkan kognitif yaitu pngetahuan, afektif yaitu karakter atau sifat dan psikomotor yaitu keaktifan dalam mengikuti pelajaran. Dengan crossword puzzle ini, siswa akan lebih mudah mengingat apa yang dipelajari dan memudahkan siswa memahami tentang perkembangan Negara-Negara Kerajaan Islam di Indonesia. Media crossword puzzle (teka-teki silang) juga merupakan media permainan yang menyenangkan dan siswa dapat terlibat langsung di dalamnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yang pertama, untuk mengetahui hasil belajar siswa di kelas XI IPS semester ganjil SMA Negeri 1 Tengaran 2011/2012 yang tidak menggunakan media crossword puzzle. Kedua, untuk hasil belajar siswa kelas XI IPS semester ganjil SMA Negeri 1 Tengaran 2011/2012 yang menggunakan media crossword puzzle pada materi perkembangan Negera-Negara Kerajaan Islam di Indonesia. Ketiga, untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar sejarah siswa yang menggunakan media crossword puzzle dan yang menggunakan media gambar. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tengaran, Kabupaten Semarang pada semester 1 Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilakukan berdasarkan fakta yang ditemui yaitu hasil belajar siswa menurun karena minat siswa rendah untuk belajar sejarah dan kekurang efektifan proses pembelajaran maka perlu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan namun tetap kondusif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 138 siswa, terdiri dari 4 kelas ( XI IPS 1, XI IPS 2, XI IPS 3, dan XI IPS 4). Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling yaitu pengambilan sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Cara demikian dilakukan bila anggota populasi dianggap homogen. Dalam pengambilan sampel di dapat 2 kelas yang dapat digunakan sebagai sampel penelitian yaitu kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 4 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelas eksperimen yang diterapkan media crossword puzzle mempunyai hasil pre test dilihat dari perhitungan rata-rata nilai yaitu = 38.38 jauh dibawah nilai KKM yaitu 70.00 lebih buruk dari hasil pre test rata-rata nilai kelompok kontrol yaitu = 44.12 setelah diterapkan media crossword puzzle pada kelas eksperimen rata-rata nilai menjadi = 73.38 sedangkan kelas kontrol yang diterapkan media gambar hasil post test rata-rata nilai memang meningkat namun masih dibawah nilai KKM yaitu = 63.68. Melihat dari hasil penelitian tersebut menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan setelah diterapkan media crossword puzzle (teka-teki silang) serta hasil belajar sejarah di kelas eksperimen yang diterapkan media crossword puzzle jauh lebih meningkat daripada kelas Kontrol yang diterapkan media gambar. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa di kelas XI IPS 4 semester ganjil SMA Negeri 1 Tengaran 2011/2012 yang tidak menggunakan media crossword puzzle pada materi perkembangan Negara-Negara Kerajaan Islam di Indonesia terlihat meningkat namun masih dibawah nilai KKM. Sedangkan hasil belajar sejarah khususnya materi perkembangan Negara-Negara Kerajaan Islam di Indonesia mengalami peningkatan setelah penerapan media crossword puzzle, ini ditunjukkan dengan nilai siswa mencapai lebih atau sama dengan KKM berjumlah 75%. Tingkat efektivitas dari penggunaan media crossword puzzle 0,30 < 0,57 ≤ 0,70 berarti efektivitas dari penggunaan media crossword puzzle mempunyai tingkat efektivitas sedang. Dengan demikian penerapan media crossword puzzle (teka-teki silang) pada materi perkembangan Negara-Negara Kerajaan Islam di Indonesia efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Saran mengenai Media Crossword Puzzle yaitu dalam pembuatannya diperlukan ketekunan dan kreatifitas dari pendidik. Crossword puzzle juga dapat dijadikan kumpulan soal untuk siswa belajar. Media Crossword puzzle (teka-teki silang) juga perlu dikembangkan dengan tekhnologi komputerisasi sehingga pemanfaatannya dapat secara maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Crossword Puzzle (Teka-Teki Silang), Perkembangan Negara-Negara Kerajaan Islam Di Indonesia, Hasil Belajar
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 05 Jul 2012 06:46
Last Modified: 05 Jul 2012 06:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13057

Actions (login required)

View Item View Item